RSUD Jayapura Terus Persiapkan Diri jadi RS Rujukan Tertinggi

drg. Aloysius Giyai (Foto:Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Terkait dengan kerja sama yang dilakukan RSUD Jayapura dengan beberapa rumah sakit maupun fakultas kedokteran terkemuka di Indonesia untuk menangani kasus-kasus sulit di Jayapura, drg. Aloysius Giyai,Direktur RSUD Jayapura mengatakan bahwa upaya yang pihaknya lakukan ini untuk mewujudkan RSUD Jayapura sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di Papua.
“Oleh karena itu kami benar-benar mengimplementasikan keberadaan rumah sakit rujukan tertinggi dengan cara tidak lagi mengirim pasien rujukan lagi keluar,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (3/4) lalu.
Diakuinya, pihaknya dalam menangani pasien sekarang lebih selektif. Di mana selain kesiapan dokter di RSUD Jayapura yang lengkap dan siap, peralatan kedokteran di RSUD Jayapura juga sudah siap.
“Kami juga membangun kerja sama dengan beberapa rumah sakit dan Fakultas Kedokteran besar di Indonesia seperti Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada RSUP Sardjito Jogjakarta dan beberapa rumah sakit lain,” tambahnya.
Upaya yang dilakukannya tersebut selain untuk memperkecil penyakit yang diderita pasien, juga berdampak pada penghematan keuangan negara di RSUD Jayapura, juga mempercepat kesembuhan pasien.
“Misalnya kita baru sukses melakukan operasi bedah plastis dan bedah syaraf pada pasien tetapi juga telah berhasil melakukan 13 operasi filariasi dari Puncak Jaya,” terangnya.
Dengan semakin banyak penanganan pasien dengan kasus-kasus yang sulit membuktikan bahwa RSUD Jayapura memiliki pelayanan yang lengkap dengan berbagai perlengkapan kedokteran serta memiliki tenaga SDM yang sangat siap. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *