Perdana, IKASI Lantik Pengurus Cabang

Ketua Harian IKASI Papua, Henry Muabuay saat menyerahkan pataka IKASI kepada pengurus IKASI Kota Jayapura yang diterima langsung oleh Ketua IKASI Kota Jayapura, Alimuddin dalam proses pelantikan di Grand Abe Hotel, Sabtu (3/4). (FOTO:Erik / Cepos)

JAYAPURA-Cabang olahraga Anggar di tanah Papua memang belum begitu familiar. Meski telah ada beberapa puluh tahun silam, namum daya tarik dari cabang olahraga Anggar belum setenar Cabor lainnya.

Sebab itu, dalam mempopulerkan cabang olahraga Anggar, Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Papua melakukan pelantikan perdana bagi pengurus cabang (Pengcab), yakni Ikasi Kota Jayapura.

Ketua Harian IKASI Papua, Henry Muabuay mengatakan, setelah melantik pengurus cabang Kota Jayapura, sepekan kedepan, IKASI Papua juga akan melantik Pengcab IKASI Kabupaten Merauke.

“Ini adalah pelantikan perdana untuk pengurus cabang IKASI di Papua, Kota Jayapura terbentuk pertama dan akan menyesul Merauke,” ungkap Henry kepada Cenderawasih Pos usai pelantikan di Grand Abe Hotel, Sabtu (3/4).

Kata Henry, kedepan, Papua akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) di Palembang pada bulan Agustus. Sebab itu, Pengcab Kota Jayapura bersama Merauke yang akan dilantik agar menyiapkan atlet-atlet pelajar. Apalagi Popnas kali ini dikabarkan akan mempertandingkan Cabor Anggar.

Sementar itu, Sekretaris Umum KONI Kota Jayapura, Rocky Bebena menyebutkan, setelah Pengcab IKASI Kota dilantik, maka KONI Kota Jayapura telah memiliki 38 cabang olahraga.
“Dengan adanya pelantikan IKASI Kota, kita di KONI Kota bertambah menjadi 38 Cabor. Tapi dari 38 ini ada beberapa pengurus yang sudah selesai masa kepengurusannya namun belum melakukan musyawarah untuk pengurusan yang baru,” kata Rocky.
Rocky mengharapkan, meski sebagai cabang olahraga baru, namun IKASI Kota Jayapura harus bisa menciptakan atlet potensial. Sehingga Rocky mengajak seluruh pengurus IKASI Kota Jayapura untuj terus membangun komunikasi demi prestasi Anggar kedepannya.
“Untuk Anggar Kota tidak hanya sebatas terbentuk kepengurusannya, tapi bagaimana bisa melahirkan atlet, tidak hanya di Kota tapi bisa berprestasi tingkat nasional,” tutup Rocky.

Di tempat yang sama, Ketua IKASI Kota Jayapura, Alimuddin mengaku bahwa sebagai cabang olahraga baru di Papua dan Kota Jayapura khususnya, tentu akan menjadi tantangan bagi mereka.

Tapi kata Alimuddin, mereka telah memiliki program jangka pendek dan jangka panjang untuk bisa mengembangkan olahraga Anggar di Kota Jayapura.

“Untuk jangka pendeknya kita akan sosialisasikan kepada generasi muda, mungkin di tingkat pelajar. Jangka panjangnya kita kembangkan untuk pembinaan dalam menghadapi kejuaraan-kejuaraan, baik itu daerah dan nasional nanti kita tinggal koordinasi dengan provinsi,” pungkasnya. (eri/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *