FDS akan Digelar Juni

Joko Sunaryo, (Foto :Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Pariwisata memastikan Festival Danau Sentani (FDS) yang rutin dilakukan setiap tahun itu, tahun ini akan digelar pada Juni nanti . Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo saat ditemui media ini di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Kamis (1/4) kemarin.
Joko mengatakan, sesuai arahan Bupati Jayapura, pelaksanaan FDS ini harus dilaksanakan pada Juni sesuai jadwal sebelumnya. Namun demikian, kegiatan FDS kali ini juga akan diperpanjang sampai pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diselenggarakan pada Oktober Tahun 2021 ini.
Dia mengatakan, persiapan pelaksanaan FDS itu sudah dibahas sampai di tingkat pusat. Pelaksanaan FDS tahun ini harus memenuhi beberapa kriteria. Salah satu ketentuan dari pusat itu adalah harus menerapkan sistem clean, health, envalomen, Safety (CHES). Kemudian harus mengacu pada protokol kesehatan.
” Dalam presentasi kami kemarin, kalau memang itu disetujui, kemungkinan kriteria-kriteria itu bisa masuk,” ujarnya.
Lanjut dia, ketentuan itu bukan hanya berlaku untuk Pemkab Jayapura, tapi berlaku untuk seluruh Kementerian lainnya, apabila melakukan kegiatan pariwisata atau keramaian permainan lainnya, harus presentasi di Kementerian Pariwisata.
“Kita akan konsultasikan dengan Bupati dan Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Jayapura, apakah bisa dilakukan atau tidak,”tandasnya.
Itu juga tergantung dari keputusan Pemkab Jayapura dan pemerintah pusat. Apabila kegiatan keramaian itu bisa dilaksanakan maka baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah juga memberikan rekomendasi. Namun apabila salah satunya tidak memberikan rekomendasi maka kegiatan itu bisa saja tidak dilaksanakan.
“Dalam pelaksanaannya tahun ini tetap dianggarkan untuk biaya kegiatan tersebut,”tandasnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *