Pasca Bom Makassar, Polisi Jamin Keamanan di Papua 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal

JAYAPURA- Pasca ledakan bom yang terjadi di Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3).  Kabid Humas Polda Papua  Kombes  Pol AM Kamal meminta masyarakat Papua  untuk tidak terprovokasi dengan kejadian di Makassar.

“Tetap jaga toleransi antar umat beragama di tanah Papua , harus bergandengan tangan dan tidak terprovokasi atas kejadian tersebut. Mari kita jaga harmonisasi dan toleransi antar umat beragama di Papua  ini,” ajak Kamal, Selasa (30/3)

Disampaikan Kamal, Kapolda Papua  telah memerintahkan Polres jajaran untuk melakukan pengamanan ekstra di rumah-rumah ibadah guna langkah-langkah antisipasi. “Mari kita menjaga lingkungan masing-masing, seperti tempat kerja atau rumah-rumah ibadah, tetap waspada dan saling memberikan informasi apabila ada hal-hal yang mencurigakan,” kata Kamal.

Lanjut Kamal, momentum peringatan Wafat Isa Almasih pada 2 April 2021 dan perayaan Paskah pada 4 april 2021 mendatang, Polda Papua  menjamin keamanan, sehingga saudara-saudara kita umat nasrani dapat merayakannya dengan nyaman dan hikmah. “Kami menjamin keamanan di tanah Papua , masyarakat tetap beraktivitas dan beribadah seperti biasa,” tegas Kamal.

Ia juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut memelihara Kamtibmas di Papua  agar tetap aman dan kondusif. Dan masih dimasa pandemi Covid 19, tetap taati protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah Pusat maupun Daerah.

“Kita tetap siaga,  RT/RW harus aktif. Setiap orang baru yang datang harus diperhatikan dan ditanya tujuan kedatangan mereka ke kampung tersebut untuk apa,” kata Kamal.

Sementara itu, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R Urbinas memerintahkan seluruh anggotanya yang ada di Polsek Jajaran untuk memperkuat pengawasan dan monitoring ibadah menjelang perayaan Paskah dan Jumat Agung.

Pihaknya tetap melakukan pengamanan untuk rangkaian paskah di setiap gereja yang ada di Kota Jayapura dengan  memaksimalkan personel. “Anggota akan kami ploting langsung di gereja-gereja yang ada di Kota Jayapura, selain itu dilaksanakan patroli untuk mobile situasi situasi rangkaian paskah,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *