Ajak Semua Pihak Melihat Masalah Kemanusiaan di Intan Jaya

Aksi masyarakat dan mahasiswa Lanny  Jaya untuk  korban pengungsian Intan Jaya, di Kota Tiom,  Selasa, (23/3). ( Panitia Aksi For Cepos)

JAYAPURA – Masyarakat dan mahasiswa Lanny Jaya mengelar aksi sumbangan sukarela bagi korban pengungsi Konflik TNI dan TPNPB di Kota Tiom. Pemuda dan rakyat Lanny Jaya, mulai dari distrik Beam – Kwiyawagi bersatu lalu mengadakan Aksi Galang Dana For Intan Jaya berupa uang, pakaian layak dipakai dan bahan makanan lainnya.

“Bantuan ini untuk masyarakat sipil yang sedang mengungsi hari ini di Intan Jaya akibat kontak senjata antara keamanan RI vs TPNPB,” kata Koordinator, Aksi Melkianus Wenda melalui telepon selulernya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (23/3).

  Menurutnya, aksi kemanusiaan ini berjalan selama 3 hari, mulai Senin hingga Rabu hari ini. Dimana bantuan dihimpuna secara sukarela.”Bahan yang terkumpul adalah uang,  beras, mie, pakaian, air dan gula dan kopi,” katanya.

  Ia mengatakan dalam aksi, karena berbicara soal kemanusiaan sehingga tidak hanya oleh masyarakat Papua saja yang ada di Lanny Jaya, tetapi juga  juga bukan atau non Papua, sebagai bentuk solidaritas untuk membantu pengungsi Intan Jaya.

  “Sumbangan suka rela tidak hanya datang dari orang Papua yang ada di Lanny Jaya, tetapi orang  pendatang  di Lanny Jaya juga ikut menyumbang. Bahkan Kapolres Lanny Jaya dan Kapolsek Tiom serta jajarannya ikut menyumbang,” ungkapnya.

  Kata dia, aksi dengan penangungjawab kegiatan Yaitu, Forum Peduli Pembangunan Kabupaten Lanny Jaya, (FPPK-LJ), Kamar Adat Pengusaha Papua .( KAPP -LJ) Komite Nasional Pemuda Indoensia, (KNPI-LJ). Selain itu, juga ada Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Lanny Jaya. Nantinya, hasil sumbangan ini direncanakan akan dikirim ke pengungsi di Intan Jaya dan pengungsi Nduga di Wamena, melalui pos-pos umum yg ada.

  “Di hari terakhir (hari ini)  pada pukul 04:00 sore, kami berencana ibadah syukuran sambil buka tenda posko sumbangan sukarela. Sambil aksi penggalangan dana berjalan,  kami adakan panggung hiburan musik,” Katanya.

   Dia juga mengatakan terlepas dari segala kecurigaan  politik baik dari pihak TNI maupun TPN/OPM aksi ini bertujuan agar masyarakat bisa melihat keluarga dan saudara lainnya yang kena bencana kemanusiaan dan ini menjadi perhatian semua pihak baik pemerintah TNI-Polri dan  masyarakat umum.

  “Ini bukan masalah politik tapi yang kami lakukan merupakan aksi kemanusiaan bagi masyarakat yang membutuhkan makan minum di Intan Jaya,” pungkasnya. (oel/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *