Triwulan Pertama Berjalan, PAD Kota Capai Rp 31,97 M

Robby K. Awi (Foto :Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Jayapura, Robby K. Awi, memaparkan bahwa target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jayapura di 2021 ini sebesar Rp 215 miliar. Demikian, untuk target triwulan pertama 2021 ini, yakni Januari, Februari, dan Maret, mencapai Rp 53 miliar.
“Target capaian kita per triwulan itu sudah dihitung. Dan untuk triwulan pertama ini, kurang lebih kita harus capai Rp 53 miliar. Sampai hari ini (pendapatan) sudah mencapai 19,91 persen atau kurang lebih Rp 31,97 miliar,” papar Robby K. Awi kepada Cenderawasih Pos, Jumat (19/3) kemarin.
Sisanya, sambung Awi, pihaknya harus memenuhinya sebelum akhir Maret ini untuk triwulan yang pertama. Strategi yang dilakukan agar memenuhi target triwulan pertama tak lain dengan menggenjot semua bidang di Bapenda.
“Terutama di bidang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang sekarang pelayanannya sudah ada di Muara Tami. Ini sekaligus langkah kita mendekatkan pelayanan bagi wajib pajak, ditambah di tengah situasi Covid 19,” terangnya.
Dengan demikian, penempatan pelayanan di Muara Tami dilakukan, khususnya di Kelurahan Koya Barat dan Koya Timur.
“Ini sudah berjalan, yang mana di sana itu pelayanan pajak daerah bagi wajib pajak usaha baru, serta pembayaran PBB tahun 2021, serta usaha lain di Muara Tami,” tambahnya.
Strategi berikutnya adalah pelayanan door-to-door untuk pembayaran PBB dan PHR (Pajak Hotel dan Restoran). Pelayanan door-to-door ini sudah dilakukan di sejumlah titik, mulai dari Kotaraja, Entrop, dan APO Bukit Barisan.
“Kita juga sekarang mengerahkan petugas daribidang pendataan untuk mengontrol alat-alat kita untuk restoran, rumah makan, dan hotel, dalam hal ini Transaction Monitoring Device (TMD). Pasalnya jumlah alat kita sudah cukup banyak, sehingga memang harus dikontrol,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *