Trend Solusi Untuk Tempat Usaha Praktis, Efisien dan Unik

Pengerjaan pembuatan Booth Container di Usaha Las Anugerah Mandiri Jayapura dan Cabang Koya Barat. (FOTO:Priyadi/Cepos)

Melihat Maraknya Booth Container di Jayapura Untuk Tempat Usaha

Saat ini marak dan menjadi trend di Kota Jayapura dalam bidang bisnis kuliner masakan dan makanan, membuka tempat usahanya hanya dengan menggunakan booth container.

Laporan: Priyadi_Jayapura.

Di Jayapura kini semakin banyak booth container dijadikan sebagai tempat berjualan kuliner. Entah makanan maupun minuman. Booth Container dipilih pelaku usaha sebagai tempat untuk berjualan, karena praktis, efisien dan harganya cukup terjangkau, sehingga memberi kesan suasana baru untuk tempat berjualan yang lebih modern, karena bisa di design sesuai keinginan, hemat bahan material, tidak membutuhkan area jualan yang besar dan bahan yang digunakan untuk membuat Booth Container ternyata lebih kuat, terjaga dan tahan lama.
Dari pengakuan pembuat Booth Container di Usaha las Anugerah Mandiri Jayapura dan Koya Barat Daru Arianto mengatakan, saat ini trend berjualan menggunakan Booth Container di Jayapura sudah mulai banyak.
Menurutnya banyak keunggulan jika pelaku usaha kuliner memakai Booth Container dalam membuka usaha kulinernya. Selain tempatnya praktis, juga mudah dibongkar pasang dan harga terjangkau.
Dijelaskan, untuk pembuatan Booth Container membutuhkan waktu sekira 2 minggu, Misalnya untuk ukuran 1×2 meter dengan dua pilihan bahan. Ada bahan spandek dan bondek. Untuk yang harga mahal menggunakan bahan dari bondek karena ketebalannya 0,75 mm, sedangkan spandek tidak sampai hanya 0,30 mm dan paling lama membuat dari bahan bondek karena pengerjaan pengelasan bahan maupun pada saat finishing harus lebih hati-hati pada saat dilakukan pengecatan.

“Saya membuat Booth Container sudah 2 tahun ini. Memang saya lihat Booth Container yang membuat di jayapura hanya di bengkel las saja itu pun jarang-jarang. Saya sudah membuat sekira 80 unit lebih yang sudah saya pasarkan di wilayah Jayapura termasuk di luar Papua,’’ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (18/3).
Daru mengakui, untuk harga Booth Container bervariasi menyesuaikan, ukuran dan material. Dicontohkan jika ukurann 3×2 meter tinggi 2,10 meter material dinding bondek ketebalan 0,75 mm, harga Rp 18, 5 juta.
‘’Jika dengan ukuran sama seperti tadi namun menggunakan bahan spandek ketebalan 0, 30 mm harga Rp 15 juta, dan paling murah dengan ukuran 2×1 meter tinggi 2,10 meter material dinding bondek ketebalan 0,75 harga Rp 10 juta, namun jika dengan ukuran sama tapi materialnya dinding spandek ketebalan 0,30 mm harga Rp 7 juta,’’jelasnya.
Menurutnya, memang dalam membuat Booth Container ada tingkat kesulitannya karena harus teliti, rapi dan sabar. Jika tidak tentu hasilnya jelek pembelinya tidak puas. Apalagi pada saat dilakukan finishing dengan pengecatan tentu harus membutuhkan banyak kesabaran supaya hasil pengecatan bisa rata, halus dan bagus.
Untuk Booth Container juga sudah dilengkapi jaringan listrik, dibuatkan tempat untuk menaruh barang yang berbentuk leter L, serta jika memang Booth Container ingin dilakukan penambahan pemasangan plafon atau kaca juga bias, harga bisa disesuaikan.
Kata Daru selama ini untuk stok bahan material pembuatan Booth Container tidak ada masalah karena bahannya banyak dijual di took bangunan.
Ia sendiri mengaku membuat Booth Container di Jayapura karena melihat di kota-kota besar sudah banyak pelaku usaha yang membuat Booth Container dan di Jayapura juga ada plau usaha yang berminat, sehingga ia mau tidak mau harus punya inovasi dan kreasi dalam membuat Booth Container, karena ini juga membantu pelaku usaha supaya lebih praktis dalam membuka usahanya, karena bisa ditempatkan dimana saja, tidak permanen dan mudah dimodifikasi sesuai keinginan.

Sementara itu, Arul salah satu penjual minuman kekinian dan tempat jualnya terbuat dari Booth Container di Abepura mengaku, nyaman saat berjualan dengan menggunakan Booth Container karena lebih rapi, praktis dan nyaman tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas dan selama ini dalam berjualan menggunakan Booth Container jika dilakukan renovasi bisa disesuaikan dengan selera. Booth Container juga bisa dicat dan diberi warna sesuai pilihan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *