Taman Burung dan Taman Anggrek Biak Bakal Dijadikan Kebun Raya

Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika diterima langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, di Kediamannya, Kuningan Jakarta Pusat, Jumat (19/3) kemarin. (FOTO: Fiktor/Cepos)

JAKARTA-Taman Burung dan Taman Anggrek di Kabupaten Biak Numfor bakal ditingkatkan jadi Kebun Raya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Hal itu seperti terungkap dalam pertemuan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd dengan Menteri LHK Siti Nurbaya, di kediamannya, Kuningan Jakarta Pusat, Jumat ( 19/3).
Dalam pertemuan yang berlangsung satu stegah jam itu, Menteri Siti Nurbaya yang didampingi Sekjen KLHK Bambang Hendriyano menyatakan bahwa pihaknya akan memback up penuh peningkatan status Taman Burung dan Anggrek jadi kebun raya.
“Pak Sekjen alokasikan anggaran sebesar Rp. 1 miliar untuk pembuatan master plan, ini sudah cukup ya Pak Bupati,” kata Siti Nurbaya ketika menerima audensi Bupati Herry Naap dan Ketua DPRD Biak Numfor Milka Rumaropen di kediamannya.
Dikatakan perubahan status menjadi kebun raya dinilai penting agar fungsi Taman Burung dan Anggrek lebih besar lagi, termasuk dari sisi pelestarian berbagai jenis burung dan anggrek yang ada di Papua. Selain itu, juga akan sekaligus dijadikan sebagai tempat wisata dan tempat bermain anak.
“Intinya kita akan bantu tata, sehingga menjadi Kebun Raya, didukung ya Pak Bupati. Kita akan segera menurunkan tim dan Dirjen melihat lokasi di sana,” ucap Menteri Siti Nurbaya.
Sementara itu Bupati Herry Ario Naap memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas sambutan serta dukungan dari KLHK, khususnya lagi ke Menteri Siti Nurbaya. “Luar biasa kami disambut baik dan dari Ibu Menteri sendiri sudah menyatakan kalau Taman Burung dan Anggrek akan dijadikan sebagai Kebun Raya, hal- hal yang diminta untuk melengkapi kami akan segera tindaklanjuti,” ujar Bupati.
Dalam audensi itu banyak hal yang disampaikanksn langsung oleh Bupati dan mendapat respon dari Mentri Siti Nurbaya, salah satunya dukungan terhadap pengembangan pengelolaan minyak kayu putih.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *