Bupati Pertimbangkan Ulang Rencana Lockdown

Bupati Drs Romanus Mbaraka, MT saat memberikan keterangan kepada wartawan di Merauke. ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE-Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka, MT mengungkapkan bahwa   pihaknya saat ini sedang mempertimbangkan untuk tidak melakukan  lockdown secara lokal di Merauke selama 1 minggu.

  “Tadinya kita mau lakukan lockdown. Tapi karena tindakan awal yang kita lakukan dengan memerintahkan untuk semua melakukan test Covid dan swab dan sekalian vaksin, maka  puji Tuhan ada penurunan kasus. Nah, tindakan (test covid dan swab)  ini masih jalan terus,’’ kata bupati Romanus Mbaraka, kepada wartawan, Kamis (18/3).

    Selain  test antigen dan vaksin Covid tersebut, menurut bupati  Romanus Mbaraka, bahwa pihaknya  juga sedang memesan catridge  untuk rencana melakukan pemeriksaan Covid kepada rakyat secara gratis. “Dengan perkembangan yang ada, mudah-mudahan dia akan terus menurun. Kalau dia menurun maka lockdown menjadi pertimbangan bagi saya. Kemungkinan kita tidak melakukan,” terangnya.

  Bupati juga menjelaskan bahwa penurunan ini terjadi setelah penyemprotan desinfektan di ruang publik atau tempat umum, sehingga semua berubah. “Puji Tuhan semua berubah. Jadi saya perintahkan ke semua sektor baik otonom maupun  vertikal  untuk kita lakukan seluruhnya (penyemprotan,red)  termasuk perhotelan dan  lain-lain. Ini kita lakukan semua dengan baik,’’ jelasnya.

  Selain itu, lanjut bupati, tenaga  kesehatan (Nakes) juga ditertibkan  untuk bekerja dengan baik. Termasuk pembayaran honor yang menurut bupati masih tersendat sampai sekarang. “Saya  juga masih  cek semua nyangkutnya dimana. Kita tertibkan agar semua berjalan dengan baik,” terangnya.

   Soal penggunaaan dana Covid, bupati  mengaku belum mengecek.  “Saya baru mau review pelan-pelan  dulu. Nanti kita lihat  apakah ada penggunaan dengan model apa, nanti kita lihat pelan-pelan. Kita tidak bisa tuduh orang sembarangan begitu. Kita cek sama-sama. Karena manusia ini tidak sempurna,” tandasnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *