DPPAD Apresiasi Festival Buper Integrasi

Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Christian Sohilait, saat mengunjungi salah satu stand dalam pameran Festival Buper Integrasi (FBI) tahun 2021 di SMK N 3 Jayapura, Selasa (16/3). ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – SMK N 3 Jayapura mengadakan Festival Buper Integrasi, yang merupakan penerapan program integrasi yang diterapkan di SMK N 3 Jayapura.

Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Christian Sohilait mengatakan,  pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan festival yang digelar SMK N 3 Jayapura.

“Ini pertama kali saya menghadiri kegiatan Festival Buper Integrasi. Integrasi sendiri terdapat dalam kurikulum 2013 yang mana satu materi pembelanjaran berkaitan dengan materi-materi pembelajaran yang lain,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (16/3).

Diakuinya, dengan kurikulum integrasi, satu materi yang diajarkan kepada siswa, maka dengan sendirinya ilmu yang lain akan saling berkaitan atau berintegrasi.

“Ini yang sedang dituntut dari para guru-guru bahwa dalam memberikan pelajaran kepada anak sekolah harus saling berintegrasi, dari pembelajaran integrasi ini juga yang diterapkan pada Festival Buper Integrasi,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut berbagai karya dipertunjukan, mulai dari sain, kimia, pembuatan AC sederhana, roket air sampai kepada aneka kerajinan tangan dihadirkan dalam pameran Festival Buper Integrasi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK N 3 Jayapura, Anton Djoko menjelaskan,  Festival Buper Integrasi ini adalah suatu kegiatan dari program integrasi yang diterapkan di SMK N 3 Jayapura, yang mulai dirintis dari tahun 2017 -2021.

“Kami juga melakukan kerja sama dengan para professor Indonesia yang berada di Amerika dan Bapenas Republik Indonesia. Bahkan kami juga mendapat kunjungan langsung,”ujarnya.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *