Selain Janjikan Sejumlah Program, Mensos Juga Rencana ke Biak

Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd didampingi oleh Ketua DPRD Biak Numfor Milka Rumaropen ketika berbincang-bincang dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini di ruang kerjanya, , Jumat (12/3) lalu.(Foto:Fiktor/Cepos)

JAKARTA-Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd didampingi oleh Ketua DPRD Biak Numfor Milka Rumaropen diterima langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam rangkaian audensinya ke sejumlah kementerian dan lembaga Negara di Jakarta, Jumat (12/3).
Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih 1 jam itu di ruang Kerja Mentri Sosial ini, banyak hal yang disampaikan dan direspon baik oleh mantan walikota Surabaya itu. Bahkan, Mensos tak hanya berjanji akan memberikan sejumlah bantuan melalui berbagai program, namun Ia juga bersedia akan hadir di Biak terkait dengan program-program yang akan diberikan nantinya.
“Kami memberikan apreasiasi terhadap sambutan dari Ibu Menteri ke kami. Luar biasa, dan banyak hal yang disampaikan dan siap membantu dalam berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat,” kata Bupati Herry Naap.
“Kami tak hanya disambut, namun Ibu Menteri langsung memberikan sejumlah pentunjuk, dan bahkan menantang dan menyatakan “apa yang saya bisa bantu untuk masyarakat Biak Numfor”, lalu kami sampaikan sejumlah kendala dan potensi,” lanjutnya.
Dari data penerima bantuan, Bupati menyampaikan kini kembali memasukan sekitar 14.000 data baru yang akan diverifikasi ulang. Bahkan menurutnya, data itu akan diserahkan secara manual dan akan dibantu langsung oleh pihak Kementerian Sosial untuk diupload secara lain sehingga lebih cepat.
“Ketika kami sampaikan bahwa masih ada sekitar 14.000 data yang sulit diupload karena jaringan, Ibu Menteri langsung meminta supaya diberikan saja dalam bentuk exel, nanti mereka yang bantu upload. Intinya Ibu Menteri siap membantu, dan terkait dengan kekurangan data dalam beberapa hari ini kami akan lengkapi, termasuk semua kelengkapan lainnya,” kata Bupati.
Hal yang lain, kata Bupati, Menteri dari PDI Perjuangan itu juga menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menyiapkan kegiatan pelatihan yang akan diselenggarakan di balai latihan Kemensos di Jakarta. Para peserta pelatihan dimaksud tidak sekedar ikut pelatihan, namun setelah mahir juga langsung akan difasilitas peralatan oleh Kemensos.
“Ibu Mensos minta kami bawa ibu-ibu, pemuda atau lainnya ikut pelatihan di Jakarta dan langsung dilengkapi fasilitas, jadi tidak hanya dilatih namun langsung difasilitasi, termasuk akan membantu pemasaran usaha-usaha masyarakat,” pungkas Herry Naap yang juga adalah PDI Perjuangan.
Hal yang lain, masih lanjut Bupati menceritakan hasil pertemuan dengan Mensos, bahwa terkait dengan kendala pesawat kami Cargo ke sejumlah wilayah di Papua khususnya lagi yang menghubungkan Biak dengan daerah lainnya juga langsung direspon.
“Jadi saya juga sampaikan bahwa untuk memasarkan hasil sumber daya alam di Biak, di sektor perikanan, peternakan dan pertanian sulit dipasarkan ke daerah di wilayah Papua karena terkendala pesawat Cargo, ibu menteri langsung menelepon ke Menteri Perhubungan soal Cargo ini dan mudah-mudahanya segera ditindaklanjuti,” katanya.
“Ibu menteri berharap masyarakat asli Biak juga harus menjadi pioneer dalam mengembangkan usaha dan potensi daerahnya, menjadi tuan di negerinya dalam artian bisa mengembangkan potensi-potensi daerahnya melalui usaha-usaha produktif,” kata Bupati menambahkan.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *