RSUD Dok 2 Siap Sukseskan PON XX

RSUD Dok 2 Jayapura, yang merupakan rumah sakit rujukan bagi para atlet PON XX, Sabtu (13/3) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA –RSUD Dok 2 Jayapura yang ditunjuk langsung sebagai rumah sakit rujukan selama event PON XX di Papua terkhususnya di Jayapura.

D r. Silwanus Sumule SpOG(K), Wakil Keuangan RSUD Dok 2 Jayapura menjelaskan,  RSUD Dok 2 Jayapura wajib hukumnya mendukung pelaksanaan PON XX di Papua, ini merupakan amanat langsung yang disampaikan Gubernur Papua bagi  pihaknya.

“RSUD Dok 2 pada prinsipnya siap untuk melaksanakan amanat tersebut, apa saja yang sudah kami lakukan guna menyambut PON XX, yaitu menyiapkan IGD PON, yang mana saat ini sedang kami gunakan sebagai pelayanan Covid-19,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (13/3) kemarin.

Lanjutnya, meski demikian pada hari H nantinya, gedung IGD akan difungsikan untuk pelayanan PON XX. Selain itu pihaknya juga memastikan bangunan rawat inap super VIP di RSUD Dok 2 Jayapura sudah diselesaikan pada awal September 2021 mendatang.

“Kami harap pada Oktober 2021, bangunan Super VIP 5 lantai sudah bisa digunakan untuk mendukung pelaksanaan PON XX, khususnya untuk melayani para atlet yang mengalami cedera,” tambahnya.

Selain itu pihaknya juga telah mempersiapkan gedung cadangan, yang nantinya akan digunakan apabila bangunan Super Vip 5 lantai belum dapat difungsikan maka ada alternatif lain yang sudah disiapkan.

“Dari segi kesiapan gedung, peralatan semua kami pastikan sangat siap, dan khusus SDM,  kami juga memiliki tenaga-tenaga dokter yang siap melayani mulai dari Dokter Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan sebagainya,” pungkasnya.

Bahkan kesiapan lainnya yang juga tidak kala penting untuk harus disiapkan, yaitu laboratorium diagnosis untuk mendukung pemeriksaan bagi para atlet nantinya.

hanya saja, ia juga menjelaskan bahwa masih ada kekurangan yang harus dibenahi yakni layanan 199 yakni dukungan ambulance yang masih diupayakan. “Layanan 199 ini sangat dibutuhkan untuk tim emergensi dalam hal mengevakuasi pasien,” pungkasnya.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *