Pemerintah Biak Dukung Pembangunan Bandara Antariksa

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika menyerahkan plakat kepada Sekretaris Utama Lapan Prof Erna Sri Adiningsih, di Kantor Pusat Lapan, Jumat (12/3). (FOTO:Fiktor/Cepos)

JAKARTA-Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menegaskan dukungannya terhadap rencana pembangunan Bandara Antariksa yang akan dilakukan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Biak Utara.
Penegasan itu kembali disampaikan oleh Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd yang memimpin delegasi bertandang ke Kantor Lapan RI di Jakarta, Jumat (12/3). Kedatangan Bupati dan rombongan ke Lapan menyikapi adanya polemic disejumlah media tentang pembangunan Banda Antariksa dimaksud.
Pihak Lapan merencanakan pembangunan bandar antariksa ini dimulai tahun depan, tahun 2022. Rencana pembangunan Bandar antariksa itu mestinya akan d mulai dibangun tahun 2021, namun karena pandemic Covid-19 sehingga diundur menjadi tahun 2022 mendatang.
“Masih perlu dilakukan penggusulan anggaran kepada pemerintah sehingga pembangunan secara fisik rencananya akan dimulai tahun 2022 mendatang,” kata Sekretaris Utama Lapan Prof Erna Sri Adiningsih di kantor pusat Lapan setelah menemui Bupati Biak Numfor dan rombongannya.
“Terkait dengan rencana pembangunan itu, maka mulai tahun 2021 ini akan dilakukan studi analisis mengenai dampak lingkungan,” lanjutnya.
Sementara itu Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd menyambut baik rencana pembangunan mega proyek tersebut. Ia mengatakan bahwa segenap jajaran pemda dan tokoh masyarakat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Lapan karena Biak telah memilih Biak Numfor sebagai lokasi pembangunan Bandar antariksa di Biak dibandingkan dengan daerah lainnya yang menjadi kandidat.
Kehadiran Bupati, Ketua DPRD Biak Numfor Milka Rumaropen, jajaran tokoh adat dan pemilik hak ulayat di Kantor Lapan Pusat dalam rangka melakukan pertemuan dengan Kepala Lapan beserta seluruh jajaran untuk menyampaikan dukungan terhadap tindaklanjut mega proyek tersebut.
“Pada prinsipnya kami mengapresiasi dan mendukung pemerintah pusat dan Lapan untuk pembangunan bandar antariksa di kabupaten Numfor. Ini harus didukung, dan intinya kami semua komponen mendukungnya,” ujar Herry Naap.
Dalam kesempatan itu juga Bupati didepan Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan, bahwa pembangunan Bandar Antaraksisa di Biak wajib memperhatikan pemenuhan hak masyarakat atau keberpihakan pemerintah kepada masyarakat, secara khusus memberikan tempat yang layak bagi warga Numfor, pemberdayaan masyarakat dan sejumlah lainnya.
“Menjadi harapan besar dan tentu wajib menjadi perhatian adalah perhatian kepada masyarakat Biak Numfor dan setempat tentang pemberdayaan, dampak positif dari proyek raksasa ini harus dirasakana oleh masyarakat,” pintanya.
Bupati Herry Naap juga menyatakan, menyangkan adanya sejumlah pemberitaan yang terkesan seolah-olah ada pihak yang menentang pembangunan Bandar Antariksa di Biak.
“Jangan kita mudah diprovoskasi orang atau pihak-pihak berkepentingan yang menginginkan pembangunan Lapan ini di daerahnya atau di negaranya, ini adalah momentum untuk kita bisa maju. Terkait dengan hal-hal lainnya kita atur dan komunikasikan dengan baik supaya bisa diselesaikan dan tidak menimbulkan dampak-dampak yang tak diinginkan,
Sekedar diketahui, selain Bupati dan Ketua DPRD, ikut dalam rombongan ke Lapan ini antara lain : Sekda Markus O. Masnembra, SH.,MM, jajaran kepala OPD terkait, masyarakat pemilik hak ulayat dan tokoh adat, tokoh pemuda dan beberapa perwakilan lainnya.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *