Osvaldo dan Todd Ferre Masuk Dalam Skuat PON Papua

Osvaldo Haay. (Erik / Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Sesuai dengan Technical Hand Book (THB) cabang olahraga Sepakbola, setiap kontingen yang ikut pentas pada PON XX 2021 Papua diwajibkan menggunakan pemain 3 profesional.

Regulasi tersebut tidak akan menyulitkan Papua sebagai tuan rumah. Pasalnya, Papua dikenal memiliki deretan pemain profesional yang bisa menjadi andalan sepakbola PON Papua.

Pelatih kepala Sepakbola Papua, Eduard Ivakdalam mengatakan bahwa dirinya sudah mengantongi 3 nama yang akan ia gunakan untuk memperdalam skuatnya. Yakni Osvaldo Haay, Yakob Sayuri dan Todd Rivaldo Ferre.

Bahkan dalam laga ujicoba Sepakbola PON Papua dengan Ifan Sport FC yang berlangsung di Stadion Barnabas Yoywe, Sentani, Rabu (10/3). Osvaldo Haay dan Yakob Sayuri telah bergabung dalam skuat sepakbola Papua. Bahkan Osvaldo Haay sukses menyumbangkan satu dari dua gol kemenangan sepakbola PON Papua.

“Karena kita memang lihat sektor depan memang kurang, sehingga kita coba masukan dua pemain ini masuk dalam kita punya daftar, termasuk Todd yang masih di Thailand,” ungkap Eduard Ivakdakam.

Kata Edu begitu dia disapa, kehadiran 3 pemain profesional tersebut juga meningkatkan motivasi permainan timnya. Pasalnya Osvaldo Haay dan Todd Rivaldo Ferre merupakan pesepakbola Papua yang memiliki nama besar di kancah sepakbola tanah air.

“Kalau ada Todd (ujicoba), mungkin motivasi anak-anak akan lebih lagi itu. Karena mereka bermain dengan pemain-pemain yang punya pengalaman, sehingga adanya Osvaldo dan Yasa tadi membuat motivasi pemain tinggi,” ujarnya.

Tapi kata Eduard Ivakdalam, tidak menutup kemungkinan, ketiga pemain tersebut bisa saja berubah. Ia mengaku memberikan kesempatan yang sama kepada setiap pemain Papua.

“Karena kita masih tes itu, makanya kita manfaatkan mereka ada di Jayapura, sehingga kita ikutkan main dengan tim PON. 3 pemain tersebut merupakan rekomendasi kami tim pelatih untuk memperkuat tim,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *