Realisasi PAD 2020 Terealisasi Rp 1,255 Triliun

Kepala Bappenda Provinsi Papua MB Setiyo Wahyudi (papua.gi.id)

JAYAPURA – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Papua akui realisasi PAD 2020 sebesar Rp 1,255 triliun, dari target Rp 1,060 triliun.
Kepala Bappenda Provinsi Papua MB Setiyo Wahyudi di Jayapura mengatakan, capaian ini tidak lepas dari kerja sama yang baik dari semua pihak, dalam melakukan berbagai upaya dan inovasi meningkatkan PAD, meski pada masa pandemi Covid-19.
“Capaian PAD 2020 mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan antusias masyarakat cukup tinggi dalam membayar pajak. Hal ini juga dikarenakan pada 2020 PT Freeport Indonesia PTFI membayar pajak air permukaan,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (10/3) .
Diakuinya, walaupun sedang berada pada masa pandemi Covid-19, target PAD bisa dicapai. Salah satu hal yang sudah pihaknya lakukan adalah relaksasi pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat, untuk mendukung meningkatnya PAD, sekaligus membantu masyarakat dalam membayar pajak.
“Dengan capaian tersebut, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua pada 2021 menargetkan PAD sebesar Rp 1,765 triliun. Dari target tersebut, hingga Februari 2021 telah terealisasi sebesar Rp 361 miliar. Mudah-mudahan di triwulan pertama ini bisa melampaui target yang telah ditetapkan,” tambahnya.
Pijaknya berharap di 2021 ini ada tambahan dari PTFI atas pembayaran pajak air permukaan. Selain itu diharapkan juga seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua bisa menjalankan program kerja dengan optimal, agar target PAD 2021 bisa tercapai maksimal. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *