Perlunya  Standarisasi Pelayanan Publik

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Papua, Iwanggin Sabar Olif, S.H ( FOTO: Yewen/Cepos)

JAYAPURA- Kepala Ombudsman RI Wilayah Papua, Iwanggin Sabar Olif mengatakan, untuk mendapatkan WBK dan WBBM, maka perlu melakukan standar pelayanan publik dengan baik. Terutama, bagi para institusi pelayanan publik harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“WBK dan WBBM itu sebenarnya mulai dari standar pelayanan. Harus mulai standar pelayanan, sehingga memberikan pelayanan yang maksimal berdasarkan Standar Operasional Prosedur ( SOP) ,” katanya saat dikonfirmasi  Cenderawasih Pos melalui telepon selulernya, Rabu (10/3) lalu.

“Setelah sudah melakukan peningkatan standar pelayanan sesuai SOP yang ada, barulah akan ditingkatkan ke WBK dan WBBM,” tambahnya.

Menurut Iwanggin, pihaknya dari Ombudsman sering dimintai untuk melakukan standar pelayanan bagi institusi pelayanan publik yang ada di Papua. Hal ini lantaran standar pelayanan. Misalnya dibagian administrasi ada laporan-laporan masyarakat ke Ombudsman ketika diklarifikasi harus dijawab dengan cepat.

“Inikan bagian dari memberikan pelayanan dengan baik dan cepat. Karena nanti mereka mempertanyakan bagaimana laporan masyarakat ke Ombudsman di institusi-institusi negara yang ada,” tuturnya.

“Pasti kami akan menyampaikan bahwa institusi dengan menjawab dengan cepat ini dan yang menjawab lambat itu. Ini pasti akan kita sampaikan sesuai dengan kongkrit di lapangan apa yang mereka tanggapi mengenai klarifikasi-klarifikasi terhadap laporan masyarakat,” lanjutnya.

Dia menyatakan, dengan adanya WBK dan WBBM ini tentu ada komitmen dari institusi pemberi layanan dalam memberikan pelayanan yang lebih ekstra kepada masyarakat yang ada di Papua. Hal ini sangat penting agar bisa memenuhi standar SOP pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan standar pelayanan yang baik, maka tentu akan dapat mewujudkan WBK dan WBBM bagi institusi pelayanan yang ada di Papua,” ujarnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *