Papua Masih Butuh Dana Otsus dan Pemekaran

Yanto Eluay (Foto:Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Salah satu tokoh adat masyarakat Papua yang ada di Kabupaten Jayapura, Yanto Eluay dengan tegas mengatakan, Papua saat ini masih membutuhkan alokasi dana Otsus dari pemerintah pusat, termasuk pemekaran daerah otonomi baru di Papua. Hal ini disampaikan, Yanto Eluay menanggapi berbagai aksi penolakan terhadap perpanjangan dana Otsus, termasuk pemekaran daerah otonomi baru di Papua.
“Saya selaku tokoh adat dan pemimpin masyarakat hukum adat khususnya di Sentani, Kabupaten Jayapura mempunyai tanggung jawab atau kewajiban mensejahterahkan rakyat,” kata Yanto Eluay saat jumpa pers bersama wartawan di Sentani, Selasa (9/3), kemarin.
Pihaknya menilai, dukungannya terhadap perpanjangan Otsus Papua ini bukan tanpa sebab. Pihaknya menilai, sejauh ini dengan adanya Otsus ini telah memberikan banyak kontribusi terhadap pembangunan di Papua, meskipun harus diakui masih ada berbagai kekurangan yang dialami dalam penerapannya. Namun hal itu tidak harus dengan menghentikan, tetapi cukup dilakukan evaluasi terhadap penerapannya.
Sementara itu terkait dengan rencana pemerintah untuk melakukan pemekaran terhadap beberapa wilayah atau daerah otonomi baru di Papua, pihaknya sangat mendukung upaya tersebut. Karena menurutnya, pemekaran daerah otonomi baru itu sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang tentunya mengarah kepada kesejahteraan masyarakat itu sendiri.
Dia juga mengajak seluruh masyarakat Papua supaya mendukung segala program dari pemerintah pusat sampai ke daerah, termasuk perpanjangan Otsus dan rencana pemekaran daerah otonomi baru di beberapa wilayah di Provinsi Papua.(roy/tho)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *