Mobilasi Atlet dan Ofissial dengan 418 Armada

Recky D Ambrauw (Foto:ist for Cepos)

PON Papua 2021

JAYAPURA – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Recky D Ambrauw menyampaikan bahwa persoalan transportasi disaat agenda PON Papua 2021 nanti sudah diantisipasi terutama terkait mobilisasi pemain (atlet) maupun official. Dishub Papua sudah bersurat ke kementerian perhubungan dan disiapkan sebanyak 418 unit bus dengan dua type.
“Dukungan PON untuk transportasi ada dari kementerian perhubungan dan ada juga transportasi lokal. Ada bis yang disiapkan sebanyak 418 unit yang akan dikirim ke Papua dan ini dari kementerian namun kendaraan lokal akan kami berdayakan,” beber Recky disela – sela Musda ke XI DPD Organda Papua di Horison Ultima Entrop, Selasa (9/3).
Namun sebanyak 418 bis ini dikatakan tidak semuanya di Jayapura melainkan akan dibagikan lagi ke empat klaster dan setelah PON selesai menurut Recky untuk bis sewa akan dibawa pulang sedangkan bis baru akan diserahkan ke pemerintah provinsi. Jumlah sudah sesuai dengan kebutuhan dari empat klaster yang ada.
“Kemenhub juga menanggung sopir dan BBM namun kami juga mengajukan agar sopir – sopir di Papua juga diberdayakan dan semoga bisa diterima. Sedangkan mobil lokal nanti satu paket dengan sopirnya,” tambah Recky.
Untuk bis nanti bisa memuat 24 penumpang sedangkan mikro bis daya muatnya hanya 19 penumpang. Ukuran ini bukan tanpa kajian sebab menurut Recky pihaknya sudah menghitung dengan lebar badan jalan sehingga tidak bisa juga memaksakan untuk mendatangkan bus berukuran besar.
“Jadi kami dengan pihak kementerian sudah mengecek kondisi jalan, lebar jalan dan lainnya dan yang ideal adalah yang bis dengan 24 penumpang dan 19 penumpang sebab jika terlalu besar nanti putar baliknya kesulitan,” pungkasnya. (ade/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *