Bawa Ganja dari Waris, Seorang Pemuda Dibekuk

Barang bukti ganja yang diamankan dari pengedar ganja berinisiai IM. Saat ini barang bukti tersebut diamankan di Mapolres Jayapura. (Dok polisi)

SENTANI- Tim Opsnal Polres Jayapura berhasil membekuk seorang pemuda berinisial IM (26) di rumah kosnya di daerah Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura.
Kasat Narkoba Polres Jayapura Ipda Noevaldo Sitinjak saat dikonfirmasi, Selasa (9/3), membenarkan hal itu, Diungkapkan, IM ditangkap karena memiliki ganja siap edar. Penangkapan itu dilakukan pihaknya atas pengembangan dari informasi yang diterima pihaknya terkait dengan peredaran barang haram tersebut.
“Itu hasil pengembangan, soal TKP-nya, mau di kota atau di mana saja, kita tidak terbatas. Karena narkoba inikan leg spesialis ya, lokusnya itu bisa di mana saja,” ujarnya.
Lanjut dia, pihaknya melakukan penangkapan terhadap tersangka pada Sabtu (6/3). Di mana, penangkapan tersebut bermula ketika polisi mendapat informasi bahwa IM yang membawa ganja akan melintas masuk ke wilayah hukum Polres Jayapura menggunakan sepeda motor, di mana barang bukti tersebut didatangkan dari wilayah Waris, Kabupaten Keerom.
“Anggota kemudian melakukan penyelidikan tentang informasi yang didapat itu dan berhasil mengamankan IM di rumah kosannya,” kata Noevaldo.
Noevaldo mengatakan, pelaku ditangkap bersama barang bukti 7 buah plastik bening ukuran sedang ganja siap edar dan 1 buah plastik hitam yang berisikan ganja kering. Barang haram tersebut disimpan dalam tas ransel yang dibawanya.
“Tersangka dan barang bukti narkotika jenis ganja kering sudah kami amankan di Mapolres Jayapura untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut,” ujarnya.
Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 111 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman minimal 4 tahun penjara dan maksimal 20 tahun, denda paling sedikit Rp 800 juta dan paling banyak Rp 10 miliar,” pungkasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *