Tolak Non OAP Menjadi Rektor Unmus

Aksi demo damai menyikapi  rencana suksesi pemilihan Rektor Unmus yang akan digelar bulan Juni 2021, di lingkaran Brawijaya Merauke, Senin (8/3). ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE-Dalam rangka  suksesi pemilihan Rektor Universitas  Negeri Musamus (Unmus) Merauke yang sekarang ini berlangsung,  puluhan pemuda dan mahasiswa yang menamakan diri  Forum Solidaritas Pemerhati, Mahasiswa, Pemuda dan Masyarakat Papua di Kabupaten Merauke menggelar aksi demo damai  di  Lingkaran Brawijaya  Merauke,  Senin (8/3).

   Para pendemo membawa  satu spanduk dan  sejumlah pamflet  yang mereka bentangkan saat aksi demo berlangsung. Beberapa  pamlet  tersebut berisi aspirasi  seperti pemilihan Rektor Unmus akan dilaksanakan pada bulan juni 2021, Kami menolak non  Oap untuk calon rektor Unmus berada di Tanah Papua. Jadi anak papua wajib  jadi rektor.  Pamflet lainnya berisi permintaan kepada KPK untuk mengaudit kembali pembangunan  Kampus Unmus sebelum masuk pemilihan rektor  Unmus pada bulan Juni 2021.

   Ada juga  pamlet  berisi  stop jadikan Unmus sebagai kerajaan mini di Kabupaten Merauke. Sedangkan  pamlet lainnya  berisi pemilihan Rektor Unmus periode 2021-2025 wajib anak asli Papua dalam hal ini anak-anak asli Papua.

   Koordinator aksi  demo Dinosius Awi menjelaskan bahwa dalam aksi yang dilakukan ini   yakni pertama meminta kepada Menteri Pendidikan  dan kebudayaan di Jakarta untuk segera mengangkat  anak asli Papua  Selatan sebagai rektor Unmus.

   Sebab, menurutnya, sumber daya manusia OAP   Selatan Papua sudah siap  memimpin Unmus  tersebut. Karena sampai sekarang  sudah tercatat 8 orang yang menyandang gelar profesor. Kedua menolak calon rektor Non OAP untuk menjadi rektor Unmus. Ketiga, meminta    agar rektor Unmus harus anak asli Papua.

   “Berikan hak kesulungan  kami untuk jadi tuan diatas negerinya sendiri. Kami orang Papua Selatan juga sudah ada  beberapa yang memenuhi syarat  untuk menjadi rektor Unmus,” terangnya dan terakhir bahwa sebelum membentuk panitia, harus ada   salah satu item OAP dalam statuta Unmus. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *