Lagi, FBLB Dipastikan Tak Digelar Tahun ini

WAMENA- Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya Engelbert Sorabut, SE, MSi mengaku tahun 2021 ini Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) dipastikan tidak akan digelar. Hal ini menjadi tahun kedua iven tahunan di  Jayawijaya tak digelar akbiat larangan turis masuk selama Pandemi Covid -19 dari Kementerian Pariwisata.

  “Kegiatan besar tahunan pemerintah Kabupaten Jayawijaya belum bisa lakukan ditahun ini pemerintah pusat belum memberikan izin akses masuk kepada wisatawan asing ke Jayawijaya,” ungkapnya Senin(8/3) kemarin.

  Kendala lain, Kata Engelbert, karena FBLB ini mengumpulkan masa yang banyak , ini masih dilarang dilakukan karena tidak sesuai dengan protokol kesehatan. Sebab dikhawatirkan dapat menyebarkan Covid -19 secara meluas kepada masyarakat .

  “Sselagi belum ada izin dari kementrian pariwisata untuk instruksikan membuka kembali tempat wisata dan belum ada ijin masuknya wisatawan asing sehingga pemerintah Kabupaten Jayawijaya belum bisa melaksanakan FBLB lagi,”katanya.

  Engel juga  memastikan saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat,  sehingga dipastikan tahun ini FBLB kembali tak digelar. Sementara untuk tahun depan, ia belum bisa memastikan apakah bisa dilakukan atau kembali tak bisa dilakukan seperti saat ini.

  “Untuk tahun depan 2022 kita belum bisa pastikan apakah FBLB bisa kembali dilakukan atau tidak sepanjang belum ada instruksi dari pemerintah pusat,”jelas Engelbert.

  Ia juga menambahkan sasaran dari pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem ini adalah turis mancanegera dan lokal, namun tidak mungkin mereka datang dalam situasi pandemi covid -19 seperti ini, sehingga kalau pemerintah anggarkan untuk melaksanakan festival itu akan mubazir.

  ‘Kalau dilakukan akan menimbulkan kerugian yang besar buat pemerintah, karena dalam melakukan  even tahunan ini anggaran yang dikucurkan cukup besar, sehingga tidak bisa dilakukan,”tandasnya.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *