Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lakukan Berbagai Persiapan

Yemin Weya ( foto: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Guna mendukung event nasional yang akan berlangsung di Papua yakni PON XX, berbagai kesiapan sudah mulai dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Yemin Weya mengatakan,  yang pihaknya siapkan berdasarkan visi dan misi Gubernur Papua. Dari tahun 2020 pihaknya sudah membentuk beberapa kegiatan,  mulai dari menyediakan tarian daerah dari 5 wilayah adat.

Menyiapkan cenderamata yang juga disiapkan dari 5 wilayah ada di Papua yaitu Mamta, Saireri, Anim Ha, La Pago dan Mee Pago.  Cenderamata yang disiapkan berupa noken asli yang dihargai mulai dari Rp 100 ribu- Rp 10 juta.

“Kami juga sedang membenahi beberapa daerah yang akan dijadikan venue-venue PON XX.  Adapun fasilitas lain yang akan kami sediakan seperti pembangunan pondok jualan bagi kuliner, oleh-oleh Papua dan sebagainya yang akan dimulai dari Kab. Jayapura, Kota Jayapura, Kab. Keerom, Kab. Mimika dan Kab. Merauke”ungkap Yemin kepada Cenderawasih Pos, Senin (8/3) kemarin.

Diakuinya, pembangunan tempat-tempat berjualan ini, masih menunggu DPA. Untuk saat ini pihaknya juga tengah mendata kesiapan hotel-hotel, lokasi-lokasi wisata dan SDM yang memadahi untuk menyambut PON XX.

Adapun ketersediaan destinasi wisata saat ini sudah cukup bagus. Hanya saja khusus di pesisir pantai untuk menjaga keamanan dan mengurangi tingkat kecelakaan bagi para wisatawan perlu dibangun  pos jaga untuk memantau aktivitas para wisatawan.

Untuk pembangunan pos jaga di pantai, maupun pondok-pondok jualan ini masih menunggu sumber anggaran yang berasal dari DPA.

“Total anggaran yang kami butuhkan sebanyak Rp 7 miliar, yang mana anggaran tersebut merupakan anggaran infrastruktur yang terkait dengan pelaksanaan PON XX,” pungkasnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *