Dapat Dua Tawaran Dari Luar Negeri

Jacksen F. Tiago ( foto: Jawa Pos)

Jacksen F. Tiago

JawaPos.com – Jacksen F. Tiago bukan lagi pelatih Persipura Jayapura. Ada kabar bahwa dia mundur sebagai arsitek tim berjuluk Mutiara Hitam itu. Padahal, faktanya tidak demikian.

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi? ’’Tim Persipura sudah dibubarkan,’’ katanya saat dihubungi Jawa Pos. Karena dibubarkan, Jacksen otomatis kehilangan pekerjaan. Hal itu sekaligus menampik kabar bahwa dia mundur dari tim. ’’Betul, saya tidak pernah mundur (sebagai pelatih Persipura),’’ tambahnya.

Kini, Jacksen berstatus pelatih tanpa klub. Namun, pria asal Brasil itu tampaknya tidak akan lama menganggur. Sebab, sudah ada tim dari luar negeri yang intens berkomunikasi dengannya.

’’Kebetulan ada dua tawaran dari luar negeri yang datang. Ada pembicaraan yang cukup lancar dengan mereka,’’ ungkap pelatih 52 tahun itu.

Hanya, Jacksen belum mau membuka tim mana saja yang sudah melakukan komunikasi dengannya. Yang jelas, dia memastikan tidak akan melewatkan kesempatan tersebut. Sebab, bapak dua anak itu sudah ngebet untuk melatih tim luar negeri.

’’Itu doaku dari dulu (agar bisa melatih di luar negeri),’’ ungkapnya.

Jacksen punya alasan mengapa dirinya ingin berkarir di luar negeri. ’’Saya bisa mendapat pengalaman lebih di liga yang level sepak bolanya lebih kuat lagi. Sehingga menguji kemampuanku untuk menjadi lebih baik sebagai pelatih,’’ beber mantan pelatih Barito Putera tersebut.

Jacksen pernah melatih tim luar negeri. Itu terjadi pada musim 2014 hingga 2016. Dia melatih tim asal Malaysia Penang FA.

Setelah itu, dia kembali berkarir di Indonesia. Jacksen menangani Barito Putera mulai musim 2016 hingga 2019 sebelum akhirnya bergabung dengan Persipura.

Meski sudah ingin melatih tim luar negeri, Jacksen tampaknya harus bersabar. Sebab, tidak mudah bagi tim luar negeri untuk mendatangkan pelatih asing.

’’Tidak mudah kami melakukan perjalanan (ke luar negeri). Saya juga harus pikirkan keamanan dan kesehatan keluarga,’’ terangnya. Selama belum ada deal, Jacksen tidak banyak beraktivitas.

Dia lebih memilih berada di Surabaya. ’’Saat ini saya manfaatkan waktu luang dengan keluarga dulu,’’ pungkas mantan pemain dan pelatih Persebaya Surabaya tersebut.(JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *