BI Terus Dukung Pelaku UMKM

Naek Tigor Sinaga ( FOTO: Priyadi/Cepos)

Dorong Masyarakat Beli Barang dan Hasil Karya Dalam Negeri

JAYAPURA-Untuk memperkuat pembuatan dan penjualan produk lokal, demi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Papua. , Kepala Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga berharap kepada masyarakat untuk bisa membeli produk buatan lokal Indonesia khususnya Papua.

Seperti diketahui, melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan karya kreatif Indonesia yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo sebagai bentuk dukungan dan dorongan pemerintah atas penggunaan produk dalam negeri serta untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah,  terutama selama pandemi Covid-19.

“Terdapat 5 tujuan dalam pelaksanaan Gernas BBI seperti mengakselerasi transformasi digital UMKM, memperkuat kelangsungan usaha, mempercepat perputaran siklus ekonomi, mendorong semangat bangga produk lokal dan mendorong nation branding produk lokal unggulan,’’ungkapnya.

Diakui, dalam rangka mendorong Gernas BBI,  Bank Indonesia melakukan sinergi dengan 3 program kerja seperti implementasi program peningkatan kapasitas UMKM yang dilakukan dengan pemberian edukasi onboarding UMKM bekerjasama dengan asosiasi dan marketplace, serta kurasi produk UMKM bekerjasama dengan tenaga ahli curator.

  Juga  penyelenggaraan berbagai acara strategis BI, antara lain pameran karya kreatif Indonesia 2021, festival ekonomi syariah 2021, pekan ekonomi dan keuangan digital, rapat koordinasi nasional TPID dan mendukung perluasan QRIS, dengan target nasional pada tahun 2021 sebesar 12 juta merchant pengguna QRIS.

Lanjutnya, penyelenggaraan Gernas BBI dilakukan setiap bulan dengan melibatkan seluruh kantor perwakilan BI. Sedangkan Kantor perwakilan BI Provinsi Papua bertugas menyelenggarakan showcase dalam mendukung Gernas BBI pada bulan Oktober 2021.

  BI juga menyelenggarakan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI). Program KKI ini ditujukan untuk memperluas pasar UMKM binaan serta mendorong UMKM untuk melakukan ekspor.(dil/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *