Ambulans PSC 119 Diluncurkan, Sigap Berikan Pertolongan Pertama

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM. melihat kendaraan pelayanan publik Patient Safety Care (PSC) 119 dalam momentum HUT ke-111 Kota Jayapura, di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (8/3) kemarin. ( FOTO: gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Pemerintah Kota Jayapura meluncurkan kendaraan pelayanan publik Patient Safety Care (PSC) 119 dalam momentum HUT ke-111 Kota Jayapura, di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (8/3) kemarin. Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., menyebutkan bahwa ambulans ini dimanfaatkan untuk melayani masyarakat yang mengalami kondisi kesehatan darurat (emergency).

“Kendaraan ini dilengkapi dengan peralatan medis yang dimanfaatkan untuk memberikan pertolongan pertama bagi masyarakat yang berada dalam kondisi darurat. Jadi, bisa ditangani secara cepat dan dibawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Ini akan membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Jayapura,” ungkap Dr. Benhur Tomi Mano, MM., kepada wartawan Senin (8/3) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengaku senang dengan peluncuran kendaraan pelayanan kesehatan publik tersebut.

“Artinya, walau di tengah pandemi Covid 19, ada sesuatu yang kami buat bagi Kota Jayapura dan masyarakat Kota Jayapura. Kami mau yang terbaik, di mana kami launching kendaraan pelayanan publik PSC 119,” jelas dr. Ni Nyoman Sri Antari.

“Ini adalah ambulans kegawatdaruratan untuk pelayanan medis bagi masyarakat Kota Jayapura. Demikian, kalau misalnya ada kondisi kegawatdaruratan yang terjadi terhadap masyarakat, seperti ada yang pingsan atau kena stroke, dan membutuhkan pelayanan di rumah sakit, maka ambulans PSC 119 dapat dihubungi,” sambungnya.

Tidak sekadar mengantarkan masyarakat yang berada dalam kondisi darurat ke rumah sakit, melainkan petugas akan terlebih dahulu memberikan pertolongan pertama secara medis, sebelum akhirnya diantarkan ke rumah sakit untuk pelayanan lebih lanjut.

“Ke depannya ini akan berkembang untuk layanan emergency di puskesmas. Mungkin digantikan dengan PSC 119 ini untuk di 5 distrik di Kota Jayapura. Kami harap, itu bisa dilakukan. Ketika ini bergerak, maka masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih prima lagi,” pungkasnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *