Penggunaan Dana Rekonstruksi Banjir Bandang Harus Transparan

Patrinus R. N. Sorontou ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Bantuan anggaran untuk penanganan pasca bencana banjir bandang Sentani dari pemerintah pusat untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mendapat sorotan dari unsur pimpinan DPRD Jayapura yaitu Wakil Ketua DPRD  Jayapura, Patrinus R. N. Sorontou.

Diungkapkan, penggunaan dana rekonstruksi bencana banjir bandang dan longsor  yang sudah dialokasikan oleh pemerintah pusat harus transparan.

Pernyataan ini disampaikan Patrinus Sorontou, menyikapi adanya pertanyaan dari masyarakat kepada pemerintah Kabupaten Jayapura mengenai alokasi anggaran senilai Rp 275 Miliar, khususnya untuk pembangunan rumah bagi para korban. Di mana masyarakat selaku korban mempertanyakan dalam kurun waktu 2 tahun ini belum ada upaya dari pemerintah Kabupaten Jayapura untuk merealisasikan anggaran pembangunan rumah senilai Rp 275 miliar itu.

“Kami dari sisi pengawasan ingin agar Pemerintah Kabupaten Jayapura lebih transparan dalam penggunaan dana tersebut. Supaya masyarakat tahu dan tidak melakukan aksi demo seperti kemarin,” jelasnya.

Patrinus Sorontou juga mengatakan, dengan tidak adanya transparansi terhadap dana dari pemerintah pusat, maka timbul beragam tanggapan tentang Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Itu bisa disampaikan secara rinci melalui media massa seperti media cetak, online maupun elektronik. Supaya masyarakat tahu, berapa besaran dana yang digunakan dan sudah sejauh mana rekonstruksi itu dilakukan,”paparnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *