Bapenda Targetkan Penerimaan Retribusi Parkir Rp 1,2 M Lebih

Andreas Rahabeat (Foto:Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Target penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jayapura tahun 2021 untuk sektor retribusi parkir sebesar Rp 1.284.000.000. Target tersebut memang belum dinaikkan dari target tahun sebelumnya, karena adanya pandemi Covid-19. Bahkan tahun 2020 lalu targetnya malah diturunkan 50 persen, akibat adanya pembatasan waktu dan sempat ada lockdown.
Hal ini dikatakan Kepala Bapenda Kota Jayapura Robby Kepas Awi, melalui Kepala Bidang Penagihan, Pembukuan dan Pelaporan Andreas Rahabeat, SE.,kepada wartawan, Jumat (5/3)kemarin.
“Untuk penerimaan PAD sektor retribusi parkir sejatinya cukup tinggi, namun sampai saat ini memang belum bisa dikelola dengan maksimal, masalahnya juru parkir liar masih banyak. Pemkot sudah tegas melakukan penertiban, mulai rapi namun ketika petugas pulang akhirnya kembali tidak tertib lagi. Bisa dibilang juru parkir ini kucing-kucingan ke petugas saat ada,’’ungkapnya.
Lanjutnya, Pemkot telah membuat Satgas lakukan penertiban parkir di Distrik Jayapura Utara yang didalamnya ada petugas Bapenda, Satpol PP, Dinas Perhubungan, TNI/Polri tetap sama saja ketika petugas juru parkir ada tertib, tapi setelah petugas tidak ada keadaan kembali lagi seenaknya.
Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan PAD sektor retribusi parkir. Jika ada warga terutama pengguna jasa parkir ketika menggunakan jasa parkir bisa membayar retribusi parkir dan wajib meminta karcisnya sehingga ada bukti pemasukan yang masuk ke PAD Kota Jayapura. Tetapi kalau tidak meminta karcis dipastikan juru parkir akan menggunakan uang tersebut.(dil/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *