Enam Polwan Ditugaskan Khusus Buru KKB

Enam Polwan dari Korps Brimob Polri saat berpose bersama di Mimika, Jumat (5/3). Keenam Polwan ini, ditugaskan untuk menangani KKB di Papua. (FOTO:Humas Polda Papua for Cepos)

JAYAPURA- Kontak tembak antara aparat dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kerap terjadi di Papua khususnya di daerah pegunungan tengah menjadi perhatian khusus dari pusat.

Enam orang Polwan anggota pasukan khusus polisi ditugaskan untuk menangani KKB di Papua. Pengiriman enam Polwan yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi untuk menjaga tanah Papua dari ancaman KKB.

Komandan Korps (Dankorps) Brimob Polri, Irjen Pol Anang Revandoko mengatakan, penugasan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pada negara. “Ketika negara memanggil, dia siap. Kemudian Polwan kita adalah Polwan tangguh, kita buktikan. Ini adalah bentuk pertanggungjawaban negara terhadap Korps Brimob Polri,” tegas Anang Revandoko.

Dikatakan, pengiriman enam Polwan ini untuk menjaga tanah Papua dari ancaman KKB. Keenam orang tersebut telah dilatih dan akan diuji ketangguhannya di tanah Cenderawasih. Mereka juga akan bersinergi dengan anggota TNI.

Menurutnya, selama ini pemeliharaan keamanan di tanah Papua dari gangguan KKB dinilai baik. Dirinya mengapresiasi kinerja Satgas berhasil ditorehkan selaam bertugas. “Banyak prestasi yang ditoreh oleh Satgas Nemangkawi dalam pelaksanaan tugas menangkap dan mengamankan pelaku. Saya apresiasi kepada seluruh personel operasi Nemangkawi,” ucapnya.

Sementara itu, Ipda Listra Kogoya salah satu dari enam Polwan berharap bisa menjalankan operasi Nemangkawi bersama rekan-rekannya. Dia juga berharap membawa hasil yang terbaik bagi Indonesia.

“Kita Polwan harus bisa lebih tangguh. Jangan hanya dibilang orang luar sana bahwa kita Polwan hanya karena kita perempuan, kita tidak bisa. Tapi kita Polwan harus mampu melihat situasi dan kondisi yang terjadi. Kita berangkat lengkap, pulang lengkap dengan hasil yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ungkapnya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan enam Polwan tersebut telah tiba di Mimika  dan akan diterjunkan di beberapa titik di Pegunungan Tengah Papua bersama Satgas Nemangkawi. “Mereka ini nantinya memburu KKB yang ada di Pegunungan Tengah Papua,” terang  Kamal. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *