Waspada  Modus Pinjam Motor

AKP Clif Gerald Duwith (Gamel Cepos)

JAYAPURA – Kapolsek Abepura, AKP Clift Gerald Duwith mengingatkan warga untuk tidak mudah menyerahkan kunci motor kepada orang yang sudah dikenali namun tidak diketahui latar belakangnya. Pasalnya dari kasus pencurian motor yang sudah diungkap beberapa waktu lalu ternyata modus yang dipakai untuk mendapatkan motor sangatlah mudah. Dengan modal saling kenal lalu beralasan meminjam sebentar, pelaku justru membawa kabur dan tidak mengembalikan.

Jumlah orang yang menjadi korban juga bukan satu dua melainkan mencapai 10 orang. Sedangkan barang bukti berupa 10 unit ini sudah dilepas atau dijual dengan harga murah. “Kemarin kami dibantu tim charlie berhasil mengungkap pelaku. Ia menjual dengan harga sangat murah namun tanpa surat – surat,” kata Kapolsek Gerald Duwith di ruang kerjanya, Rabu (4/3). Untuk 1 unit motor matic dijual dengan harga Rp 1 juta hingga Rp 2 juta dan lokasi transaksi juga dipencar.

“Menariknya ia berhasil menjual hingga ke Sarmi, Keerom termasuk ada beberapa di Abepura sini. Pelaku nampaknya cukup piawai memainkan modus ini sehingga orang mudah percaya namun akhirnya motor hilang,” jelasnya.  Dari hasil penyidikan diketahui jika pelaku merupakan residivis dan bukan pemain baru. Namun disini ia dengan mudah meyakinkan korban  lantaran sudah kenal dan korban juga tak curiga. “Jadi kami ingatkan kembali bahwa sekalipun kenal bukan berarti dengan mudah menyerahkan kendaraan begitu saja. Jumlah 10 unit ini artinya pelaku sudah terbiasa meyakinkan korban lebih dulu lalu menjual diberbagai lokasi dengan harga murah,” imbuhnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *