Bulog Mulai Lakukan Pengadaan  Beras

Kepala Bulog Merauke Inung Tri Afandi

MERAUKE-  Kabar baik bagi petani.  Jika dalam 2 bulan terakhir, Perum Bulog Merauke tidak kunjung melakukan pengadaan,  dengan alasan transfer dana dari pusat belum ada, maka di bulan Maret  2021 ini, Bulog Merauke  mulai melakukan pembelian.   

Kepala Perum Bulog Merauke Inung Tri  Afandi mengatakan, penyerapan beras  dari petani melalui mitra Bulog  akan dimulai bulan Maret.

‘’Untuk pembeliaan  beras  akan di mulai Bulan Maret ini,’’ kata   Inung Tri Afandi, lewat  telpon selulernya, Kamis (4/3).

Hanya saja, kata  Inung Tri Afandi, pengadaan  tersebut kemungkinan belum banyak karena beras di mitra  Bulog  baru sedikit. ‘’Kemarin cek ke mitra,  baru sedikit. Karena  panennya  juga baru satu-satu,’’ terangnya.

  Dia memperkirakan mulai banyak masuk ke gudang  sekitar bulan April mendatang.  ‘’Sekitar April  mulai banyak yang panen. Disitu  baru pengadaan mulai banyak,’’ katanya.

Namun saat ini, lanjut  Inung  Tri Afandi,   bahwa stok  yang ada di gudang Bulog saat ini masih cukup banyak, sekitar  12.000 ton, sehingga  untuk membeli lebih banyak dari petani, stok yang di gudang harus dikeluarkan dengan  cara mengirim ke daerah lain.

Hanya saja untuk pengiriman , pihaknya menunggu perintah dari Kanwil Bulog Papua yang ada di Jayapura. Baru-baru ini, jelas dia,  pengiriman  dilakukan ke Timika sebanyak  750 ton  dimana Rabu  kemarin  sekitar 300 ton sudah dibongkar.

‘’Kita juga mengusulkan  ke pemerintah pusat dalam hal ini ke Kementerian Perhubungan  agar  Timika juga masuk jalur  tol laut. Kalau  Timika masuk tol laut, maka  biaya pengiriman bisa ditekan,’’ pungkasnya. (ulo/ary)     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *