Gubernur Papua Dapat Penghargaan Beritasatu Public Leader Awards

Penyerahan Beritasatu Public Leader Awards oleh wartawan Beritasatu Media Holdings, Meirto Tangkepayung, kepada Gubernur Papua  Lukas Enembe, SIP, MH setelah acara pelantikan 4 Paslon bupati di Gedung Negara, Rabu (3/3) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA    Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe, SIP, MH  mendapatkan Penghargaan “Beritasatu Public Leader Awards”. Ini merupakan reward bergengsi yang diberikan pada 14 pemimpin publik dari Beritasatu Media Holdings. Mereka dinilai memiliki kinerja yang inovatif selama pandemi Covid-19.

Penyerahan penghargaan dilakukan Selasa (23/2/2021) dalam sebuah acara yang disiarkan secara langsung Beritasatu News Channel pukul 19.00-21.30 WIB.

Penghargaan kepada 14 pemimpin publik tersebut didasarkan penilaian yang dilakukan tim juri yang diketuai mantan Menteri Komunikasi dan informatika, sekaligus mantan Menteri Pendidikan Nasional yang saat ini menjadi ketua Dewan Pers, M Nuh.

Ketua Dewan Juri M Nuh menjelaskan, pemberian penghargaan ini untuk membangun tradisi memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang berprestasi.

  ”Parameter yang digunakan untuk menilai kinerja gubernur sangat objektif dan terukur, karena berdasarkan indikator penanganan Covid-19 dan indikator kondisi ekonomi, seperti tingkat pengangguran dan pergerakan ekonomi,”ungkapnya dalam rilis kepada Cenderawasih Pos, Rabu (3/3) kemarin.

Sedangkan parameter yang digunakan untuk menilai kinerja para menteri didasarkan pada kompleksitas persoalan yang dihadapi di kementerian yang dipimpin serta terobosan kebijakan yang diambil. Elemen yang tak kalah pentingnya adalah adanya upaya lain yang dilakukan di luar tugas pokok kementerian untuk membantu menangani pandemi.

“Dari enam menteri dan delapan gubernur di Indonesia yang terpilih meraih penghargaan “Beritasatu Public Leader Awards” dari Beritasatu Media Holdings, salah satunya adalah Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH  Penghargaan “Beritasatu Public Leader Awards” di berikan kepada  Gubernur Papua, Lukas  Enembe karena beberapa keberhasilannya dalam menangani Pandemik covid-19 di Papua,”ungkapnya.

  Adapun keberhasilan tersebut adalah mampu menggerakkan berbagai upaya untuk menekan laju penyebaran virus corona di Papua selama tahun 2020. Terbukti Papua mampu melakukan tes kepada  1,12 tes /1000 penduduk atau melampaui standard WHO. Hal ini memungkinkan papua melakukan pelacakan pasien covid-19 dengan baik.

Mampu menekan laju penularan Covid-19 di Papua. Terbukti dengan tingkat penularan aktual atau RT di Papua turun ke angka 0,8 atau di bawah standard RT WHO yaitu 1.

Angka kematian di Papua akibat Covid-19 juga terbilang rendah yakni 1,1 persen atau di bawah rata – rata  nasional. Dengan peraturan dan tingkat pengawasan yang ketat tingkat kesembuhan pasien covid di Papua juga terbilang tinggi yakni mencapai 87 persen.

Selain itu, meski dalam masa pandemik covid-19 di Papua tingkat pengangguran sepanjang bulan Agustus tahun 2020 hanya naik 0,77 persen dibanding periode yang sama di tahun 2019. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *