Wajib Terapkan Prokes, Bukan Pembatasan Waktu

Wagus Hidayat ( FOTO: Robert MboiK Cepos)

SENTANI- Adanya instruksi dari pusat untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro yang dimulai dari lingkungan RT sampai di lingkungan tertinggi di instansi pemerintah termasuk masyarakat, tidak dari perhatian Anggota DPRD Jayapura, Wagus Hidayat.

” Menegakkan Protokol Kesehatan (Prokes) wajib dilakukan. Saya sendiri mendukung apabila pengetatan terhadap Prokes itu dilakukan. Namun saya tidak mendukung pembatasan waktu kegiatan ekonomi itu dilakukan kembali seperti sebelumnya,” kata Wagus Hidayat ketika ditemui di Kantor DPRD Jayapura, Selasa (2/3).

Menurutnya, pemberlakuan pembatasan waktu yang pernah dilakukan oleh pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura sebelumnya justru hanya berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat.

“Sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi, terutama pelaku ekonomi menengah ke bawah,” kata wakil rakyat yang pernah berprofesi sebagai pilot itu.

Oleh karena itu, dia berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura supaya benar-benar serius dalam menegakkan aturan protokol kesehatan.

“Jangan hanya slogan saja, namun saya tidak mengharapkan adanya pembatasan kegiatan ekonomi dan pembatasan sosial di masyarakat,” imbuhnya.

Dia menambahkan, berbicara mengenai penanganan terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura saat ini sebenarnya masyarakat di Kabupaten Jayapura sebagian besarnya sudah sadar dalam hal menerapkan protokol kesehatan. Namun di satu sisi Pemerintah Kabupaten Jayapura justru terlihat mulai lemah dalam hal pengawasan kepada masyarakat untuk memastikan mereka benar-benar menerapkan aturan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *