Surati Pemprov soal Jumlah Vaksin Tahap Kedua

Ir. Rustan Saru, MM., ( foto: gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., meminta Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura untuk membuat surat pernyataan kepada Pemerintah Provinsi Papua perihal jumlah vaksin tahap kedua di Kota Jayapura.

“Di kota ini kita terbatas jumlah vaksinnya yang kami terima dari Pemprov Papua. Pertama kami terima 7.560 dosis vaksin. Itu jauh dari target. Dari laporan ada tambahan vaksin lagi. Mudah-mudahan ditambah terus,” terang Ir. Rustan Saru, MM., Selasa (2/3) kemarin.

Pasalnya, sambung Wawalkot Rustan, melihat jumlah penduduk di Kota Jayapura, yang mana mengacu pada data Dirjen Dukcapil di semester pertama tahun 2020 pada akhir Juli, total penduduk di Kota Jayapura mencapai 422.156 jiwa atau hampir setengah juta penduduk.

“Kalau kita ikuti aturan pemerintah pusat, minimal 70 persen populasi penduduk harus divaksin. Paling tidak 70 persen itu 280 ribu jiwa harus divaksin di kota. Maka, kalau kita hanya dapat 7 ribu dosis vaksin, itu terlalu jauh dari target,” tambahnya.

Namun, Wawalkot Rustan tetap berharap, dengan vaksinasi tahap 2 dimulai, semua petugas pelayanan publik, termasuk ASN, TNI, Polri, petugas lembaga pemasyarakatan, petugas bandara, petugas pelabuhan, petugas terminal, hingga petugas pasar, yang pada umum berhubungan dengan banyak orang, maka wajib divaksin pada Maret – April ini. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *