Bupati Befa Canangkan Vaksinasi Covid 19 Tingkat Kabupaten Lanny Jaya

Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE. M.Si ketima memeriksa vaksin Covid 19 di  RSUD Tiom, Selasa (2/3) ( FOTO: Sembor For Cepos)

Bupati Befa Siap Divaksin di Depan Masyarakat Umum

TIOM-Beberapa waktu yang lalu lima puluh orang petugas medis di RSUD Tiom Kabupaten Lanny Jaya telah divaksinasi sesuai dengan arahan dan petunjuk teknis dari pusat karena mereka yang akan terjun kelapangan untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat umum. Setelah petugas medis tentunya masyarakat umum yang menjadi target program vaksinasi yang telah digalakkan secara nasional oleh Pemerintah melalui Presiden RI, Bapak Jokowi.

Untuk tingkat kabupaten Lanny Jaya pada Selasa (2/3) Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE. M.Si melakukan pencanangan  vaksinasi Covid 19 di ruangan RSUD Tiom Kabupaten Lanny Jaya.

Hadir dalam kegiatan tersebut forkopimda Kabupaten Lanny Jaya dan para kepala OPD dilingkungan pemerintah kabupaten lanny jaya. Pencanangan yang dilakukan oleh Bupati Lanny Jaya adalah sebagai tanda dimulainya kegiatan vaksinasi Covid 19 di seluruh penjuru Kabupaten Lanny Jaya.

Bupati Befa menegaskan bahwa vaksinasi Covid 19 ini wajib bagi Aparatur Sipil Negara,  TNI dan Polri sehingga yang duluan divaksin adalan para pejabat dan ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya dan para petinggi jajaran TNI/Polri yang bertugas di Kabupaten Lanny Jaya.

Dalam sambutannya dalam pencangan itu Bupati Befa mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya bersama sama unsur TNI/POLRI dan DPRD menyatakan bahwa vaksinasi Covid 19 tingkat Kabupaten Lanny Jaya  dibuka secara resmi dan segera dimulai. Selanjutnya Ia mengajak semua masyarakat agar bisa  divaksinasi.

“Sebagai kepala daerah saya mau sampaikan bahwa vaksinasi ini penting  karena virus Covid 19 sudah ada diantara kita dan tidak tau kapan waktunya virus ini akan menyerang ke tubuh kita sehingga harus ada dukungan anti body yang diberikan melalui vaksin ini kepada kita semua sehingga ketika kita terserang virus maka kita bisa mampu untuk melawan ataupun mampu untuk bertahan agar virus tersebut tidak menyerang kita sampai dapat menyebabkan kematian. Untuk itu saya percaya bahwa pemerintah punya target maksimal ketika melakukan usaha-usaha seperti ini jadi mari kita dukung pemerintah karena pemerintah tidak akan buat sesuatu yang merugikan rakyat oleh sebab itu sekali lagi saya harapkan seluruh warga masyarakat di Lanny Jaya kalau bisa kita  mempunyai rekor vaksinasi tertinggi di Papua,”Ungkap Befa.

Bagi Aparatur Sipil Negara, TNI/Polri dan DPRD, wajib divaksinasi. Selanjutnya Befa menambahkan bahwa menurut laporan Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD, telah terdaftar 500 orang untuk divaksin sehingga kemungkinan besar vaksin ini akan habis. Untuk itu Befa berjanji pihaknya akan memesan lagi lewat dinas terkait ke Provinsi untuk  mendapatkan tambahan vaksin lagi. Melihat antusiasme masyarakat dan petugas yang ingin divaksin Befa mengatakan akan gencar lakukan sosialisasi sehingga dengan penuh kesadaran masyarakat akan ikut divaksin.

Befa berjanji minggu depan pada saat sosialisasi pentingnya vaksin di Pasar Sentral Tiom,  dirinya dan Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Lanny Jaya atau Ibu Bupati akan divaksinasi dihadapan masyarakat umum sehingga semua orang dapat menyaksikannya bahwa vaksin merk sinovac yang digunakan saat ini benar-benar aman.

Mengakhiri sambutannya Befa mengajak semua pihak untuk turut serta sosialisasikan kepada seluruh masyarakat sehingga target secara Nasional dapat tercapai dan Kabupaten Lanny Jaya harus memberikan kontribusi sehingga akan mencapai angka-angka yang diinginkan negara untuk pencapaian kekebalan terhadap penyebaran Virus Covid 19.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lanny Jaya Doli Kogoya  mengatakan vaksin yang diterima dari Provinsi Papua adalah 440 dan pelayanan sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya,   petugas kesehatan 50 orang telah divaksin dan dilanjutkan petugas kesehatan TNI dan ASN 27 orang yang telah mendapatkan vaksin.
Selanjutnya pada Senin (8/3) direncana  Bupati Beda bersedia untuk disuntik Vaksin ditempat umum agar masyarakat juga boleh menyaksikan. Jumlah 440 vaksin dinikai masih kurang disebabkan jumlah yang mendaftar hingga saat ini mencapai  500 orang. Sehingga pihaknya akan membuat permintaan ke Provinsi Papua untuk mendapatkan bantuan Vaksin.

“Kesiapan petugas-petugas kami di RS sudah dilatih tinggal Puskesmas yang belum, jadi dari Provinsi yang akan melakukan pelatihan bagi tenaga kesehatan yang ada di puskesmas,”Ungkapnya.

Sementara itu Direktur RSUD Tiom dr Nathan mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih dan bersyukur kepada Tuhan karna  Bupati Lanny Jaya telah langsung membuka Pencanangan Vaksinasi Covid 19 bagi tenaga Kesehatan maupun juga bagi forkopimda yang ada di Lanny Jaya. “Kami juga apresiasi keinginan Bapak Bupati karena mau di Vaksin di depan umum agar menunjukkan pada masyarakat vaksin ini aman,”Pungkasnya.(Sembor/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *