Propam Langsung Pemeriksaan Senpi Anggota

Propam Polres Merauke saat melakukan pemeriksaan senjata api yang dipegang  anggota maupun senjata operasional, Senin (1/3)  kemarin. ( Sulo/Cepos)

MERAUKE- Penyikapi  adanya 5 senjata api laras panjang dan puluhan amunisi yang berhasil diamankan dari warga sipil, Propam Polres Merauke langsung melakukan pemeriksaan senjata api yang dipinjamkan  kepada anggota  maupun senjata operasional yang digunakan di penjagaan, Senin (1/3). Pemeriksaan ini dilakukan Propam Polri bersama dengan personel Logistik.

     Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum melalui Kasie Propam Polres Merauke Iptu Harapan Purba  mengaku  tidak ada hubungannya dengan adanya senjata api yang diamankan bersama dengan puluhan amunisinya. Tapi, ini merupakan pemeriksaan rutin.

  “Jadi pemeriksaan kelengkapan Senpi  ini merupakan kegiatan rutin dari Seksi Propam dalam rangka pengawasan penggunaan senjata api, baik kelengkapannya maupun SIM memegang senjata api, baik hasil test psikologi karena itu kelengkapan anggota  yang memegang senjata api untuk mendukung tugas-tugasnya  di lapangan,” katanya.

   Saat dimintai keterangan  tersebut, Harapan Purba mengaku sudah  memeriksa  50 pucuk senjata api  baik secara organik maupun secara pribadi yang dipegang. “Yang sudah  lengkap dari Polair, kemudian dari Polsek Kota masih kurang 4 pucuk, karena sementara masih digunakan di lapangan. Sementara untuk Polres Merauke secara keseluruhan belum, tapi kami tetap akan melaksanakan  pemeriksaan dan pengawasan secara ketat, supaya kami dari seksi Propam selalu mengingatkan agar anggota yang memegang senjata api ini selalu berhati-hati,’’ jelasnya.

    Dikatakan, jenis senjata yang diperiksa tersebut adalah jenis senjata laras pendek dan laras panjang.  Dari yang sudah  diperiksa, Harapan Purba mengaku bahwa semuanya masih lengkap  dan surat-suratnya  masih   berlaku  semua. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *