Sepakat Mekarkan Kampung Doyo Lama

Sejumlah tokoh adat di Kampung Doyo Lama berkumpul untuk membahas rencana pemekaran kampung Doyo Lama, Sabtu, (27/2). ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Tiga Ondoafi yang ada di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura telah bersepakat untuk memekarkan kampung Doyo Lama  menjadi tiga kampung adat.

Kepala Kampung Doyo Lama, Aser Samuel Marweri mengatakan, usulan pemekaran kampung tersebut diinisiasi oleh tiga ondoafi yang ada dikampung itu. Adapun tiga ondoafi itu yakni Ondoafi Tidores Marweri, Ondoafi  Naftali Nukubay dan Ondoafi Agus Marweri.

“Selama ini satu kepala kampung memimpin untuk tiga ondoafi. Jadi inisiatif dari para ondoafi ini, harus mekar. Satu ondoafi satu kampung,” ujar kepala Kampung Doyo Lama kepada wartawan di Kampung Doyo Lama, Sabtu, (27/2) kemarin.

Tidak hanya itu, usulan pemekaran kampung itu juga didukung oleh seluruh masyarakat adat setempat, termasuk tokoh adat di wilayah itu. Bahkan pemerintah kampung juga sudah menyerap aspirasi dari masyarakat melalui Musrenbang kampung terkait usulan pemekaran kampung itu menjadi 3 kampung.

Menurutnya, jumlah masyarakat saat ini kurang lebih 250 kepala keluarga, itu pun hanya khusus untuk Orang Asli Papua (OAP).

” Jumlah masyarakat asli saja 1070 jiwa,”tandasnya.

Sementara itu, jika dihitung secara keseluruhan, jumlah kepala keluarga yang ada di kampung itu lebih dari 700 kepala keluarga dengan jumlah jiwa lebih dari 2000 orang.

Dia mengaku, setelah rapat itu, pihaknya akan menyusun jadwal untuk  bertemu dengan Bupati Jayapura. Tentunya mereka akan mengirim tim yang terdiri dari para ondoafi dan tokoh masyarakat adat setempat serta Pemerintahan Kampung Doyo Lama.

Sementara itu, Ketua Tim Pemekaran Kampung, Silas Pangkatana mengatakan, upaya pemekaran kampung itu dilakukan dengan melihat perkembangan pembangunan di kampung. Selain itu, pemekaran kampung itu juga sebagai bentuk dukungan terhadap program bupati tentang kampung adat.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *