Perlu Sosialisasi Aturan Buang Sampah

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM

JAYAPURA- Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., menyebutkan bahwa warga Kota Jayapura perlu untuk terus diberikan sosialisasi perihal aturan membuang sampah sesuai waktu yang telah ditentukan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Jayapura.

“Tugas masyarakat, sesuai aturan, membuang sampah mulai pukul 18.00 WIT petang hingga pukul 4.00 WIT subuh. Bahkan aturan ini diubah ke yang baru, yakni Perda 13/2017 yang mana membuang sampah dari pukul 21.00 WIT malam hingga pukul 4.00 WIT subuh,” terang Ir. Rustan Saru, MM., Jumat (26/2) lalu.

“Jadi tidak buang sampah ketika pukul 6.00 pagi atau waktu di siang hari. Ini yang salah, sehingga perlu sosialisasi sebagai pemahaman bagi masyarakat perihal regulasi membuang sampah di Kota Jayapura,” sambungnya.

Di sisi lain, petugas kebersihan Pemkot Jayapura sudah mulai bekerja dari pukul 2.00 WIT dini hari untuk membersihkan Kota Jayapura. Kemudian, petugas kebersihan akan mengangkut sampah pada pukul 4.00 WIT subuh, sehingga pada pukul 7.00 WIT pagi, Kota Jayapura sudah terlihat bersih.

“Tapi yang lebih celaka lagi, masih banyak yang buang sampah di selokan, laut atau pantai, atau di sungai. Banyak sampah dibuang sembarangan dan ini yang salah,” jelasnya.

Diketahui, dalam satu hari, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Koya Koso menghasilkan 185 ton sampah. Hampir 60 – 70 truk mengangkut sampah ke sana tiap harinya. Dalam sebulan, 5.000 ton sampah yang dihasilkan. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *