Pemkab Segera Perbaiki Rumah Korban Banjir Bandang

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si ( FOTO: Robert MboiK Cepos)

SENTANI-Pemerintah Pusat telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 275 miliar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura untuk memfasilitasi perbaikan rumah bagi masyarakat kota Sentani yang rusak akibat banjir bandang yang terjadi 16 Maret 2019 lalu.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan, anggaran Rp 275 miliar bantuan hibah dari pemerintah pusat itu digunakan untuk pendanaan pasca bencana banjir bandang dan longsor di Tahun 2019, termasuk  perbaikan rumah dan infrastruktur pasca bencana  itu.

“Sementara dalam proses pengadaan, jadi itu ada infrastruktur dan kemudian juga ada perbaikan perumahan yang rusak,” kata Mathius Awoitauw

Dikatakan, berdasarkan data Pemkab Jayapura, ada sekitar 3000-an rumah yang rusak akibat bencana itu. Mulai dari rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. Untuk rusak berat, akan mendapatkan senilai Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta dan rusak ringan senilai Rp 10 juta.

Lanjut dia, berdasarkan hasil perhitungan untuk bahan bangunan di Papua, nilai uang dari masing masing kategori kerusakan itu belum cukup untuk membangun rumah baru. Sehingga dana itu sifatnya hanya memperbaiki kerusakan yang ada.

“Memang dana ini untuk buat perumahan baru tidak mungkin. Kita kasih ke masyarakat yang rumahnya rusak untuk diperbaiki. Setahu saya, itu ada sekitar 3000 atau 2000 lebih, kemudian digunakan untuk beberapa perbaikan infrastruktur, diantaranya jaringan air dan jembatan yang sekarang dalam proses pengadaan atau sedang berjalan,”ujarnya.

Bupati Mathius mengakui, memang dalam prosesnya, ada keterlambatan di BPBD Kabupaten Jayapura, sehingga pihaknya sudah mengganti salah satu kepala bidang (Kabid) di BPBD Kabupaten Jayapura yang mengurus anggaran itu.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Levinus Ragainaga, SH mengatakan, dana Rp 275 miliar dari total bantuan hibah pemerintah pusat ke Pemkab Jayapura itu untuk perbaikan infrastruktur dan perumahan.

“Bantuan pendanaan hibah dikucurkan pada 2020 kepada Pemkab Jayapura. Didalamnya ada stimulan rumah dan infrastruktur,”pugkasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *