Tidak Terbukti Melakukan Pemerasan dan Pengancaman, Terdakwa Divonis Bebas

Kuasa Hukum Terdakwa, Gustaf Kawer, S.H, M.Si, saat melakukan foto bersama dengan kedua terdakwa, usai divonis bebas oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Kelas IA Jayapura, Senin (22/2) lalu. ( FOTO: Gustaf For Cepos)

JAYAPURA- Terdakwa I Agustinus Bebe dan terdakwa Adolfina Sarce II telah divonis bebas atas tuduhan terhadap kasus tindak pidana pemerasan dan pengancaman oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Jayapura, Senin (22/2) lalu.

Kuasa Hukum Terdakwa, Gustaf Kawer, S.H, M.Si mengatakan, dalam amar putusan yang dibacakan Majelis Hakim menyatakan, terdakwa I Agustinus Bebe dan terdakwa II Adolfina Sarce Nari tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan penuntut umum Pasal 368 Ayat (1) Jo.Pasal 55 Ayat (1) KUHPidana.

“Membebaskan terdakwa I Agustinus Bebe dan terdakwa II Adolfina Sarce Nari dari dakwaan Penuntut Umum tersebut,” ujarnya saat sesuai dengan surat amar putusan yang disampaikan oleh Majelis Hakim kepada kuasa hukum terdakwa yang disampaikan kepada Cenderawasih Pos, Jumat (26/2).

Gustaf selaku kuasa hukum terdakwa memberikan apresiasi kepada putusan Majelis Hakim ditengah-tengah minimnya kepercayaan masyarakat kecil terhadap aparat penegak hukum, termasuk institusi peradilan yang ada di RI, termasuk di Papua yang lembaga hukum dan aparatnya sangat mudah diintervensi oleh kekuasaan, pemilik modal atau para mafia peradilan sehingga tidak independent dalam penyelesaikan persoalan-persoalan hukum di tengah masyarakat.

Putusan Majelis Hakim dalam perkara ini benar-benar memperhatikan fakta-fakta persidangan dimana tuduhan pemerasan dan pengancaman terhadap pedagang-pedagang di Pasar (Lapak) Holtekamp yang disangkakan dan didakwakan kepada terdakwa I Agustinus Bebe dan terdakwa II Adolfina Sarce Nari dalam persidangan yang menghadirkan 7 Saksi dari Jaksa Penuntut Umum dan 2 (dua) saksi Verbalisan dari Polda Papua,” ucapnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *