Kisah Polisi Yudha Berbagi Masker di Palabuhan Jayapura

Brigpol Yudha N. Fajarisman (paling kanan) saat membagikan masker kepada para Tenaga Kerja Bongkar Muatan (TKBM) Pelabuhan Jayapura, Minggu (28/2). ( Foto: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih terus mewabah, khususnya di Kota Jayapura, wabah asal Cina itu masih menjadi ancaman utama kehidupan masyarakat di Kota Jayapura. Hingga tanggal 27 Februari, data kumulatif positif mencapai angka 7886, diantaranya 6713 pasien sembuh, 132 meninggal dan 1041 yang masih dirawat.

Meski pemerintah telah melakukan segala upaya dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, namun tak bisa dipungkiri, bahwa virus tersebut masih tetap ada bila masyarakat tetap mengabaikan protokol kesehatan.

Sebab itu, kesadaran setiap masyarakat saat ini menjadi senjata pamungkas dalam memutus penularan Covid-19. Protokol kesehatan harus selalu diterapkan, seperti rajin mencuci tangan, selalu jaga jarak, memakai masker dan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu anggota kepolisian Polsek KPL Jayapura, Brigpol Yudha N. Fajarisman, SH., setiap menjalankan tugasnya di area pelabuhan Jayapura kerap menghimbau masyarakat yang ingin berpergian maupun yang tiba di Kota Jayapura untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Yudha begitu ia disapa sadar betul bahwa pelabuhan merupakan salah satu tempat yang sangat rentan terhadap penyebaran Covid-19. Sebab itu, dalam membantu pemerintah, Yudha kerap tak segan menegur para penumpang bila tak menggunakan masker.

Tak hanya para penumpang, namun hal serupa juga ia terapkan bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan Jayapura. Bahkan tak sering ia biasa menyiapkan masker bagi para penumpang atau TKBM yang tak mengenakan masker.

“Kami tidak hanya bertugas soal keamanan, tapi tetap memperhatikan setiap penumpang yang datang dan pergi. Kami akan berusaha untuk bagaimana mereka bisa tetap menerapkan protokol kesehatan, paling tidak menggunakan masker,” ungkap Yudha kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Pelabuhan Jayapura, Minggu (28/2).

Yudha pun bercerita, meski pelabuhan telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pencegahan Covid-19 seperti wadah cuci tangan, pengukur suhu dan hand sanitizer. Namun baginya, itu belum cukup, mengingat kerap masih ada yang lalai memakai masker.

“Memang kadang masih ada yang kita dapati lupa memakai masker, sehingga saat saya membawa masker kadang saya bagikan ke mereka,” pungkas pria berusia 28 tahun itu. (eri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *