Jelang Pensiun, ASN Diminta Siapkan Mental Psikologi

Asisten II Setda Kabupaten Biak Numfor Ferry Betay, SH.,MM ketika membuka sosialisasi hak pensiun di Aula BKPSDM, kemarin.(Foto: Fiktor/Cepos)

BIAK-Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kini memasuki usia pensiun diminta supaya mempersiapkan diri dengan baik sebelum pensium. Kesiapan mental secara spikologis serta ekonomi sangat penting menjadi perhatian. Ya, ini penting karena ASN yang akan pensiun tentu nantinya memasuki dunia baru setelah puluhan tahun mengabdi.
“Menyiapkan mental psikologi dan ekonomi keluarga sehingga pada saat purna tugas, tentu menjadi hal yang paling penting menjadi perhatian. Saya kira ini penting supaya ketika pensiun nanti tidak mengalami kendala yang berarti dalam perekonomian keluarga,” ujar Asisten II Setda Kabupaten Biak Numfor Ferry Betay, SH.,MM ketika membuka sosialisasi Hak Pensiun yang digelar oleh BPKSDM bekerja sama dengan PT. Taspen Jayapura, di Aula BKPSDM, kemarin.
Dikatakan, bahwa pengalaman telah membuktikan bagi ASN yang belum siap mental saat pensiun hingga tak sedikit yang mengalami post power syndrome karena merasa tidak lagi dihormati dan disegani seperti saat dia menjabat dulu. Akhirnya malah jadi sakit-sakitan.
“Saya tidak ingin ASN kita mengalami hal ini dan melalui kegiatan ini kami ingin membuka wawasan mereka bahwa usia pensiun bukan halangan untuk tetap berkarya untuk bisa berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat,” lanjut Ferry Betay membacakan sambutan tertulis Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *