Menuju Papua Lebih Baik, Infrastruktur Harus Memadahi

Aktivitas Kapal Tol Laut, di Dermaga Opau Depapre, yang merupakan salah satu infrastruktur yang disediakan pemerintah, Kamis(25/2). ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Menyikapi kondisi di Papua yang merupakan daerah konsumtif dan tingkat kemahalan harga, menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Papua dan berbagai instansi terkait,  untuk menciptakan persamaan harga di Papua,  seperti halnya meningkatkan infrastruktur dan akses transportasi.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menjelaskan, infrastruktur harus diperbaiki bukan hanya di Jayapura,  tetapi untuk semua daerah yang ada di Papua, seperti yang telah dilakukan yaitu menyediakan tol laut yang khusus melayani intra Papua.

“Bukan hanya kapal saja yang harus disiapkan, jalan, gudang dan sebagainya harus diperhatikan. Penerbangan juga harus dipastikan. Ini semua merupakan sebuah servis yang harus dilakukan untuk menuju Papua yang lebih baik,’’ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (26/2).

Diakuinya, untuk mencapai semua ini tentunya tugas pemerintah. Baik itu pemerintah pusat, provinsi, kota maupun kabupaten.

Jika infrastruktur sudah memadahi, dengan sendirinya penekanan harga akan semakin terlihat, sehingga di Papua bisa terdapat pemerataan harga.

“Jika infrastruktur sudah ok, maka yang harus diperhatikan lagi adalah SDM. Ini merupakan tugas dari para Tim TPID baik itu dalam membangkitkan koperasi, membangkitkan UMKM dan UKM untuk dapat berusaha,”tandasnya.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *