Ambil Strategi Kontrol Harga Minyak Tanah!

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, dan UKM Kota Jayapura, Robert L. N. Awi (kanan) bersama Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM. (FOTO :gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, dan UKM Kota Jayapura, Robert L. N. Awi, mengatakan bahwa harga minyak tanah di Kota Jayapura semakin tidak terkontrol beberapa waktu belakangan ini.
“Maka, kami dari Disperindagkop telah mengambil beberapa langkah strategis, yakni menyampaikan surat pemberitahuan kepada seluruh agen minyak tanah dan seluruh pangkalan minyak tanah di Kota Jayapura, bahwa kami lakukan evaluasi terhadap seluruh agen dan pangkalan minyak tanah di Kota Jayapura,” terang Robert L. N. Awi, Kamis (25/2) kemarin.
Kata Awi, sejak Februari ini, pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap seluruh pangkalan minyak tanah di Distrik Jayapura Utara. Kemudian, bulan depan (Maret), evaluasi yang sama dilakukan di Distrik Jayapura Selatan. Selanjutnya diikuti evaluasi di Abepura, Heram, dan yang terakhir di Muara Tami.
“Karena disinyalir, minyak tanah tersebut tidak tersalurkan dengan benar kepada warga masyarakat yang seharusnya berhak mendapatkannya. Namun, kesempatan ini digunakan oleh beberapa pangkalan untuk menjual minyak tanah di luar tanggung jawab dia,” jelasnya.
“Disinyalir, penyaluran minyak tanah ini diteruskan kepada pengecer sehingga menyebabkan kenaikan harga yang sangat memberatkan warga Kota Jayapura,” sambungnya.
Setelah evaluasi di tiap agen dan pangkalan di semua distrik di Kota Jayapura dilakukan, Awi menekankan bahwa pihaknya akan melakukan inspeksi mendadak (sidak).
“Di lapangan, begitu kami temui pengecer yang menjual dengan harga yang tidak wajar atau di atas harga eceran tertinggi, maka akan kami proses, kemudian kami telusuri sumber minyak yang didapat dan bagi pangkalan yang ketahuan akan kami tutup resmi dan pindahkan ke pangkalan yang lain,” pungkasnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *