Sediakan Anggaran Penanggulangan Covid 19

Klemen Tinal SE., M.Si (Erick/Cepos)

JAYAPURA – Memperkuat program Pencegahan, Pengendalian dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota menyediakan anggaran yang bersumber dari APBD dan/atau menkonsolidasikan dukungan anggaran dari sumber lain.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan sumber dana yang tidak mengikat dalam Pencegahan, Pengendalian dan Penanggulangan Covid-19 termasuk pelaksanaan program Vaksinasi Covid-19.

“Prioritas belanja ditujukan untuk kegiatan yang berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan memiliki efek pengganda terhadap peningkatan daya beli masyarakat, seperti kegiatan pembangunan infrastruktur padat karya dan pengembangan pasar daerah dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ungkapnya dalam rilis kepada Cenderawasih Pos, Kamis (25/2) kemarin.

Diakuinya, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota mengefektifkan pelaksanaan Peraturan Kepala Daerah tentang penegakan disiplin protokol kesehatan. Pemerintah Kabupaten/Kota mengefektifkan Satgas, posko, relawan Covid- 19 dalam pencegahan dan penemuan kasus secara dini.

“Pemerintah Kabupaten/Kota bertanggung jawab dalam Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Masyarakat (PDPKM) berbasis kelurahan dan kampung,” tambahnya.

Lanjutnya, Untuk mendukung pelaksanaan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Masyarakat (PDPKM) Pemerintah Provinsi melaksanakan monitoring, supervisi dan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Evaluasi penerapan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Masyarakat (PDPKM) di Provinsi Papua, akan dilakukan secara berkala minimal setiap 2(dua) kali masa inkubasi oleh Satgas Covid-19 Provinsi dan Kabupaten/Kota.Pemerintah Provinsi,” terangnya.

Diakuinya, Kabupaten/Kota, stakeholder dan seluruh masyarakatBmendukung dan melaksanakan Surat Edaran ini sesuai dengan kondisi di masing – masing wilayah. Demikian untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan.(ana/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *