Pemkab Pastikan Gunakan SIPD

Mathius Awoitauw ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura memastikan tetap menggunakan  sistem aplikasi SIPD untuk pelaporan dan tata kelola keuangan daerah di Kabupaten Jayapura, termasuk dalam menyusun perencanaan dan tata kelola keuangan daerah.

“Kita tetap gunakan SIPD, bukan SIMDA, provinsi bilang ini sulit sekali kita kembali ke SIMDA, kita sudah mulai jalan, ya jalan saja,”kata Mathius Awoitauw saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura belum lama ini.

Dia mengakui, memang  di awal ini ada berbagai kendala yang dihadapi pihaknya khususnya dalam proses penginputan data sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam aplikasi itu. Bahkan kendala yang dihadapi itu tidak saja dialami oleh Pemkab Jayapura, tetapi juga pihak Pemerintah Provinsi Papua bahkan beberapa daerah lain yang ada di Indonesia juga mengalami kendala yang sama. Namun menurut dia, kendal itu bukan berarti menjadi hambatan bagi pihaknya untuk melakukan perubahan, khususnya dalam penataan dan manajemen perencanaan, pelaporan, penggunaan keuangan daerah.

“Memang agak rumit, ada banyak hal yang harus dikerjakan.  Tetapi semua dan seluruh daerah yang ada di Indonesia ini sudah mulai jalan dan arahnya ke situ. Oleh karena itu, kita juga harus menuju ke situ,” ujarnya.

Dia mengatakan, apabila Pemerintah Provinsi Papua ataupun daerah lainnya yang ada di Papua kembali menggunakan SIMDA dalam proses perencanaan dan manajemen tata kelola keuangan daerah, maka khusus untuk Kabupaten Jayapura sendiri tetap menggunakan SIPD itu.

“Itu namanya kemunduran, kita tidak belajar lagi, perkembangan ini harus kita ikuti,”tandasnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *