Dealer Masih Menunggu Kebijakan dari Leasing

Karyawati PT. Surya Megah Kencana selaku Dealer Suzuki saat menunjukkan koleksi mobil yang disediakannya, Kamis (25/2). ( FOTO: Yohana/Cepos)

Terkait Kebijakan DP 0 Persen

JAYAPURA – Terkait dengan kebijakan pemerintah, meningkatkan daya beli masyarakat dengan memberikan kebijakan DP 0% untuk pembelian otomotif, Sales Head PT. Surya Megah Kencana Dealer Suzuki Arti Brada Youdia menjelaskan, untuk saat ini pihaknya masih terus berkomunikasi dengan perusahaan pembiayaan tentang hal tersebut.

“Yang kami takutkan ada multi tafsir dalam rancangan tersebut, mengingat yang mendapat keringanan adalah Pajak  dan untuk DP 0 persen sendiri kami masih berkoordinasi dengan pihak leasing. Jadi  masih menunggu Juklak (petunjuk pelaksanaan) seperti apa yang akan diterapkan baik dari OJK ataupun dari Kantor Pusat mereka,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (25/2) .

Diakuinya,  kebijakan tersebut juga memiliki  beresiko yang sangat besar, khususnya bagi perusahaan pembiayaan.

“Jika diterapkan DP 0 persen sekalipun dengan kriteria yang sangat ketat,  pastinya kekhawatiran dari para leasing tetap ada. Kalau prediksi kami sendiri mengingat yang dibebaskan adalah PPnBM atau pajak penjualan barang mewah, kemungkinan dari sisi harga untuk beberapa tipe kendaraan yang masuk dalam kriteria pembebasan PPnBm tersebut, yang  mungkin akan mendapat penyesuaian atau semacam insentif bagi kendaaraan yang masuk kategori,” jelasnya.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *