Carilah Investasi yang Sudah Dilegalkan Pemerintah

DR Syamsier Husen SE., M.SI ( FOTO:GAMEL/CEPOS)

JAYAPURA-Akademisi Uniyap, DR Syamsier Husen SE., M.SI berpendapat bahwa jika ingin berinvestasi maka sebaiknya mencari investasi yang sudah dilegalkan pemerintah.

“Banyak yang sudah dilegalkan pemerintah lewat Otorita Jasa Keuangan dan banyak produknya. Namun soal investasi yang akhirnya bermasalah ini kami di Uniyap juga pernah masuk investasi yang mirip – mirip dan banyak yang dirugikan. Ini menjadi pelajaran berharga namun soal vtube ini saya pikir pemerintah harus lebih cermat,” kata Syamsier kepada Cenderawasih Pos di Kampus Uniyap Kamis (25/2).  Ia melihat kebanyakan investasi selalu menjual bahasa manis  karena itu menjadi kunci untuk mendapatkan investor dan biasanya diawal ini berjalan lancar namun ke belakang akan tersendat dan hilang kemudian terungkap soal kebohongannya.

Direktur pasca sarjana Uniyap ini mengatakan jika ingin berinvestasi  lebih baik ke bank negara yang sudah ada dan ini  lebih menjanjikan dibanding badan usaha baru yang muncul kemudian mengatakan bergerak dibidang jasa investasi tapi akhirnya merugikan. “Memang kontrol pemerintahan ini harus ketat terkait jasa ivestasi yang berunculan sebab jika tidak maka akan muncul vtube yang lain.

Vtube sendiri dari analisa Syamsier merupakan jaringan internaisonal  yang menguasai IT dan karena OJK juga memiliki keterbatasan akhirnya tidak termonitor dan vtube terus memakan korban. Pemerintah dirasa perlu bersinergi dengan OJK  dan jika OJK   menemukan yang tidak terdaftar maka tidak perlu  menunggu lama. Langsung bekukan sebab OJK memiliki otorita sebab pihak bank juga tidak bisa  menindak karena tidak memiliki otoritas. Akan tetapi OJK juga tidak bisa bekerja sendiri dan harus bersinergi dengan pemerintah, kepolisian termasuk teknologi IT guna mengidentivikasi ruang investasi yang bermunculan. (ana/ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *