Awal Maret, Seluruh Atlet NPC Papua Kembali Pemusatan Latihan

H. Jaya Kusuma. ( FOTO: Erik / Cepos)

Peparnas Papua 2021

JAYAPURA – Ketua National Paralympic Commite (NPC) Provinsi Papua, H. Jaya Kusuma mengatakan, bahwa seluruh atlet NPC Papua yang disiapkan dalam pelaksanaan Peparnas XVI Papua tahun 2021 kembali akan menjalani pemusatan latihan (TC) pada 1 Maret mendatang.

Kata Jaya Kusuma, seluruh atlet akan kembali ke penampungan masing-masing dengan melakukan pemeriksaaan Covid-19 terlebih dahulu. Pasalnya, Atlet NPC Papua kata Jaya Kusuma harus benar-benar bebas dari wabah asal Cina itu sebelum menjalani pemusatan latihan.

Bahkan Jaya Kusuma menuturkan, bahwa setelah atlet kembali menjalani pemusatan latihan, NPC Papua akan melakukan klasifikasi terhadap seluruh atletnya. Sebab itu, NPC Papua akan mendatangkan dokter khusus kualifikasi atlet difabel.

“TC akan kita mulai lagi, seluruh atlet akan masuk hotel (penampungan) pada tanggal 1 Maret, begitu atlet semua masuk, dokter klasifikasi akan datang untuk melihat mereka,” ungkap Jaya Kusuma kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Kota Jayapura, Selasa (23/2) siang kemarin.

Jaya Kusuma menegaskan, jika NPC sengaja mendatangkan dokter klasifikasi lebih awal, agar atlet yang kini sedang disiapkan benar-benar memenuhi standar klasifikasi sesuai dengan cabang olahraga yang akan diikuti.

“Papua akan menjadi tuan rumah, jadi kita akan berusaha untuk mengikuti seluruh nomor yang dipertandingkan. Sehingga untuk memastikan atlet tersebut benar-benar lolos standar klasifikasi, sehingga kita datangkan dokter klasifikasi ke Papua,” ujar Jaya Kusuma.

Tak hanya dokter klasifikasi, Jaya Kusuma juga membeberkan bahwa NPC Papua juga akan mendatangkan tim khusus psikologi untuk melihat atlet tunagrahita.  “Tim psikologi juga demikian, karena untuk klasifikasi tuna grahita harus diuji dan diperiksa psikologi,” ucapnya.

Jaya Kusuma juga menambahkan, meski pemusatan latihan kembali diaktifkan pada 1 Maret mendatang, namun Kadistrik Jayapura Selatan itu juga membeberkan jika beberapa cabang olahraga telah lebih dulu melakukan pemusatan latihan.

“Judo tunanetra tetap eksis latihan di Solo, begitu juga dengan Bulutangkis, dan atlet renang di Palembang juga tetap berlatih. NPC Papua akan berusaha untuk menyiakan atlet dengan baik sehingga bisa berbicara prestasi saat pelaksanaan Peparnas XVI Papua,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *