150 Pedagang Kena Penertiban Pasar Youtefa Lama

Penertiban Pasar Youtefa yang dipimpin langsung Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., bersama jajaran Pemkot Jayapura, Kamis (25/2) kemarin. ( FOTO: HUMAS PEMKOT FOR CEPOS)

JAYAPURA- Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., memimpin penertiban Pasar Regional Youtefa Lama, dengan didampingi jajaran Pemerintah Kota Jayapura, Kamis (25/2) kemarin. Kata Wawalkot Rustan, pihaknya menertibkan kembali beberapa titik di Pasar Regional Youtefa Lama, yang sejatinya sudah dilakukan pada Desember akhir tahun lalu.

“Sebenarnya Desember sudah kita lakukan hal yang sama. Tapi bedanya, tempo hari itu dilakukan pembongkaran yang masif di dua titik. Hari ini juga sama, namun bedanya yang sudah dibongkar waktu itu kembali lagi ke sini berjualan, sehingga perlu untuk kita tertibkan,” ungkap Ir. Rustan Saru, MM., Kamis (25/2) kemarin.

Demikian, dua titik penertiban yang dimaksud Wawalkot Rustan tak lain di pertigaan masuk pasar hingga pasar ikan, serta di sebelah arah pinggir kali pedagang pasar pagi. “Masih ada beberapa titik yang perlu kita tertibkan di situ, sehingga petugas dari pasar mendata lokasi yang wajib kita rapikan dan tertibkan. Sehingga petugas yang bertugas ini tidak salah melakukan tindakan,” terangnya.

Wawalkot menjelaskan bahwa penertiban pasar dilakukan secara persuasif, dengan pendekatan komunikatif atau dialog, tak terkecuali bagi pedagang yang masih bandel dan sulit untuk diatur. “Kalau masih keras dan tetap tidak mau diatur baru diambil tindakan. Ini untuk memperlancar penertiban. Tapi, tetap diutamakan secara persuasif dengan komunikasi atau dialog,” jelasnya.

Penertiban ini sejatinya tak dilakukan secara tiba-tiba, melainkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jayapura telah menyampaikan, bahkan menyurat kepada pedagang untuk pindah ke Pasar Youtefa Baru. Tapi tetap masih saja ada yang belum pindah.

“Kita minta petugas pasar, ketika ini sudah kita tertibkan kembali, di sini harus ada petugas yang berjaga, di pagi hari sampai betul-betul steril. Sebab, begitu lengah sedikit, muncul lagi pedagang yang berjualan. Mungkin bukan pedagang yang kembali, tapi bisa juga pedagang baru. Makanya, petugas pasar perlu perhatikan ini secara baik,” tambahnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Robert L. N. Awi, memaparkan bahwa sekiranya 150 pedagang ditertibkan. “Kami berharap semuanya pindah ke pasar baru. Tidak lagi di Pasar Youtefa Lama ini,” tandas Robert L.N. Awi. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *