Sudah 100 Persen Nakes Ikuti Vaksin Pertama 

Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Merauke dr. Neviller Muskita

MERAUKE –  Sejak dicanangkan 4 Februari lalu,  hampir seluruh tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Merauke  mengikuti  vaksinasi Covid-19. Dikatakan hampir 100 persen, karena masih ada yang ditunda  melakukan vaksinasi karena menyusui  atau sedang hamil.

  “Kalau untuk pemberian vaksin pertama  sudah 100 persen. Sekarang sudah memasuki tahap kedua,’’ kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Neville R. Muskita, ketika dihubungi Cenderawasih Pos,  Rabu (24/2).

   Meski sasarannya sudah 100  persen, namun diakui Neville  bahwa masih ada beberapa Nakes yang  pemberian vaksin ditunda karena belum memenuhi kriteria  untuk diberikan seperti  karena hamil atau menyusui. Neville juga menjelaskan bahwa  jika data sebelumnya, jumlah Nakes yang akan divaksin sebanyak 1.059, namun jumlah tersebut bertambah menjadi 1.300 orang. Sehingga 2.200 dosis vaksin  Covid-19 yang dikirim sebelumnya masih kurang.

  “Kita sudah minta  tambahan dan kekurangan itu  sudah dipenuhi. Kita mendapat tambahan 500 dosis,’’ jelasnya.

    Neville  R Muskita memperkirakan,  vaksinasi  bagi tenaga kesehatan tersebut bisa selesai pada awal bulan Maret  2021, sehingga  vaksinasi  untuk TNI-Polri, ASN yang memberikan pelayanan  umum termasuk  wartawan dapat dilakukan. Namun Neville  belum mengetahui  kapan  vaksinasi  tahap kedua tersebut bisa dilakukan. Termasuk kapan dan berapa kuota vaksin  yang diberikan untuk Merauke.

   “Belum ada informasi baik kapan vaksin kedua  datang dan berapa kuota yang akan kita terima,’’ terangnya. Namun saat ini  tambah Neville R. Muskita melalui  instansi masing-masing sedang dilakukan pendataan. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *